Sukses

5 Skill Wajib Di Era Digital

Menjadi pekerja di era digital sangatlah menantang. Kita tak lagi berbicara soal keterampilan pribadi tapi juga kemampuan lain untuk menyanggah pekerjaan kita yang sudah dibumbui teknologi. Fenomena di era digital ini sudah pasti teknologi yang tak bisa dipisahkan oleh pekerjaan jenis apapun.

Karena hal ini pula kita dituntut untuk mengikuti zaman, mau tak mau. Lalu keterampilan apa saja yang kita butuhkan?

Bahasa Asing

Globalisasi membuat kita bisa berinteraksi dengan siapapun, untuk itu bahasa asing menjadi sangat penting. Minimal bahasa Inggris sebagai bahasa internasional harus kita kuasai. Selain itu, berbagai alat pendukung pekerjaan sudah menggunakan bahasa Inggris, tentu kita akan kesulitan jika tak mengerti.

Menulis

Menulis adalah tradisi kuno yang nyatanya tak semua orang lancar melakukannya. Di era digital kita harus bisa menulis, karena interaksi pekerjaan sudah bukan lagi hanya di kantor tapi juga di mana saja. Oleh sebab itu kemampuan menulis laporan atau yang lainnya dengan sangat baik haruslah kita kuasai.

SEO

Jika sudah bisa menulis, maka kemampuan untuk mengerti search engine optimization atau SEO adalah mutlak. Karena kemampuan mengerti SEO di zaman serba internet akan menjadi kebutuhan tersendiri. SEO yang baik akan mempermudah trafik atau publikasi kita di internet.

Fotografi

Di era digital, fotografi bukannya meredup justru menjadi candu. Kini, hampir tak ada hari tanpa fotografi. Kemampuan fotografi harus kita miliki, karena saat ini membuat laporan dalam bentuk dokumentasi foto adalah hal lumrah. Fotografi kini tak lagi dengan DSLR, ada alat lain yang juga tak kalah seperti Mirrorless, Pocket, bahkan kamera ponsel.

Desain Grafis

Interaksi visual yang semakin tinggi, membuat kita juga dituntut untuk ramah dengan dunia desain grafis. Entah untuk publikasi, materi presentasi dan keperluan lainnya. Ditambah saat ini kebiasaan orang yang lebih menyukai informasi dalam bentuk kreatif visual, bukan lagi hanya sekedar teks.