Gaya Hidup

5 Surga Memancing Di Indonesia

Beberapa waktu lalu Lanang mengulas tentang memancing serta karakter pemancing menurut tempatnya. Sekarang kami akan memberikan pilihan lima surga bagi pemancing di Indonesia. Di mana sajakah?

Berau, Kalimantan Timur

Wilayah yang satu ini sangat direkomendasikan para pemancing, bukan hanya lokal tapi juga luar negeri. Banyak ikan-ikan eksotis hidup di wilayah Berau seperti Tapah atau Wallago Leeri dengan berat bisa mencapai 100 kg, lalu ada Arwana Merah yang hanya ada di Kalimantan, dan ikan Kelabau yang merupakan ikan langka.

Selain itu, di Berau terdapat sungai yang bermuara ke danau yakni Labuan Cermin. Tempat ini punya keunikan yang sangat berbeda, di mana air asin dan tawar berada dalam satu perairan begitu juga dengan ikannya.

Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

Wilayah yang terdiri dari gugusan pulau ini merupakan daerah konservasi yang punya keindahan alam bawah laut. Perairan di Kepulauan Mentawai belum dilengkapi infrastruktur yang lengkap. Sehingga harus menyewa kapal nelayan untuk bisa sampai ke tengah laut.

Kepulauan Mentawai tergolong memiliki ikan dengan kategori baik seperti pelagis besar, pelagis kecil, demersal, cakalang, tuna, kerapu, dan napoleon.

Pulau Biak, Papua Barat

Perairan Biak menjadi tempat favorit di Papua Barat. Ombaknya yang tenang dan arah angin yang sering berubah membuat teknik popping, jingging, dan trolling dalam memancing bisa diterapkan di sini. Siapkan tenaga jika memancing di sini karena banyak jenis ikan bertenaga besar seperti Striped Marlin, Giant Trevally atau ikan Kuwe, Red Bass, dan Rainbow Runner.

Pulau Karimunjawa, Jawa Tengah

Selain menjadi surga penyelaman, Karimunjawa juga dijadikan spot favorit untuk memancing. Di sini terdapat ikan-ikan besar yang sangat cocok untuk melatih ketangkasan dalam memancing, seperti tenggiri, kakap, giant trevally, dan tuna. Ikan-ikan tersebut terkenal lincah dan cepat.

Pelabuhan Ratu, Jawa Barat

Kawasan ini sering disebut sebagai tempat memancing dengan infrastruktur terbaik di Indonesia. Di kawasan ini, tersedia penyewaan kapal untuk memancing yang dilengkapi dengan GPS dan fish finder.

Dengan ditemani dengan anak buah kapal (ABK) yang berpengalaman, kita bisa melempar kail di dua tempat unggulan yakni di Pantai Malimping dan Perairan Binuangeun. Ikan-ikan Pelabuhan Ratu tak perlu diragukan lagi, ada jenis Marlin Hitam dan Biru di sini dengan berat mencapai 200 kg.

Tempat-tempat tersebut menjadi indah bukan hanya karena ikannya, tapi juga kelestarian alamnya. Alangkah baiknya jika kita juga menjaga kelestarian alam di mana pun berada.