Traveling

5 Tips Biar Kuat Naik Gunung Saat Puasa

Bulan Ramadan punya kesannya tersendiri, salah satunya adalah dengan mendaki gunung sambil berpuasa. Meski terdengar cukup sulit, namun hal ini bukan berarti tak bisa dilakukan bagi kalian yang memang ingin mendaki gunung.

 

Dengan pengetahuan yang cukup tentang mengatur asupan dan energi, tentu mendaki gunung saat berpuasa adalah hal yang mengasyikkan.

Agar kalian bisa mendaki gunung saat berpuasa, berikut tipsnya yang Lanang Indonesia rangkum dari berbagai sumber, guys!

Jaga Keseimbangan Nutrisi

Asupan nutrisi yang cukup pada tubuh saat sahur akan membantu tubuh untuk menjalani puasa di siang hari. Hal ini jelas akan berdampak pada ketahanan tubuh selama berpuasa, Setidaknya ada tujuh elemen nutrisi yang harus terpenuhi yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat dan air. Hindari makanan instan dan perbanyak minum air putih saat sahur adalah salah satu cara agar tubuh tetap memiliki cukup nutrisi dan tak kekurangan cairan.

Konsumsi Vitamin

Sponsored Links

Agar stamina pada tubuh semakin bagus, ada baiknya makanan yang kita konsumsi saat sahur ditambah dengan asupan vitamin. Mengonsumsi vitamin dan madu bisa meningkatkan stamina tubuh kita dalam menjalani puasa. Dalam mendaki gunung pun setidaknya tubuh kita puny stamina lebih.

Ganti Waktu Pendakian

Salah satu cara termudah untuk mendaki gunung saat puasa adalah dengan mengganti waktu pendakian. Jika siang hari matahari cenderung terik dan menguras banyak energy, maka mendaki pada malam hari adalah hal yang musti dicoba. Selain sejuk, kita tak akan khawatir kehausan, kehabisan tenaga atau lapar karena kita bisa mengonsumsi makanan selama mendaki.

Istirahat Di Siang Hari

Sebaiknya jadikan siang hari sebagai waktu untuk beristirahat atau menikmati indahnya pemandangan di sekitar tenda. Jadikan waktu istirahat ini untuk kembali mengumpulkan energy yang terbuang. Selain itu, jika terpaksa harus melakukan pendakian di siang hari, maka jangan lupa untuk menggunakan pelindung kepala agar kepala tak tersengat langsung teriknya matahari karena bisa membuat dehidrasi lebih cepat.

Jaga Ritme Pendakian

Mengingat tubuh tak bisa sembarangan mengisi tenaga dengan makanan, maka saat mendaki gunung dalam kondisi berpuasa paling mudah adalah dengan menjaga ritme pendakian. Hal ini bisa dimulai dengan mengatur langkah yang stabil, perlahan namun pasti. Jangan terburu-buru karena akan berpengaruh terhadap cairan tubuh dan stamina. Oleh sebab itu manajemen waktu juga tetap harus diperhitungkan.

Itulah beberapa tips yang bisa kalian terapkan, Selamat mencoba guys!