Traveling

5 Tips Short Escape dengan Rencana Last Minute

Di era serba millennial seperti zaman sekarang percaya gak bro kalau yang namanya traveling itu sudah menjadi salah satu hobi wajib. Seiring dengan semakin masifnya penggunaan media sosial seperti Instagram, semakin menular pula budaya sharing posting jalan-jalan.

Pada beberapa kasus ekstrem bahkan banyak dari kita yang sengaja traveling dengan tujuan utama mengisi postingan medsos, soal enjoy travelingnya ya nomor dua. Pola traveling pun juga semakin banyak, dan salah satunya adalah model short escape.

Short escape adalah jenis traveling singkat yang tidak perlu melewati proses cuti kerja. Biasanya destinasinya dekat dan paling sering dilakukan di akhir pekan Jumat, Sabtu dan Minggu. Jenis short escape ini juga memiliki pola rencana last minute, bahkan tak jarang yang benar-benar spontan tanpa rencana.

dompet

Utamakan bawa cash daripada uang elektronik | Istimewa

Nah se-spontan apapun juga akan tetap ada kok bro perencanaan dasar. Buat kalian yang belum terbiasa short escaping di tengah rutinitas kerja nih kita share agar traveling dadakan kalian tidak jadi menyebalkan karena hal-hal yang tidak sesuai di lapangan.

Wajib Tempat Menginap

Tempat menginap wajib ada di rencana, hari ini banyak aplikasi booking hotel yang tersedia di PlayStore atau Appstore. Namun ada satu waktu akhirnya kalian akan kesulitan dapat hotel karena sudah full book semua. Biasa diakali dengan mencari destinasi yang dekat dari rumah kolega. It means, punya saudara di Garut ya berarti destinasinya di sekitaran Garut.

tomini-bay-gorontalo-sulawesi

Pilihannya hanya laut atau gunung | Pantai Tomini Gorontalo

Sponsored Links

Biasanya Lebih Boros

Karena tidak ada plan khusus maka pengeluaran kalian akan lebih mengikuti keinginan. Siapkan uang dua kali lipat dari estimasi, perjalanan tanpa rencana berarti pengeluaran tanpa rencana.

MoU Sesama Partner Traveling

Paling penting adalah memiliki partner traveling yang satu visi dengan kita. Jadi sebelum berangkat sebaiknya kita memiliki kesepakatan bersama soal banyak hal. Ini untuk menghindari terjadinya selisih paham saat jalan-jalan yang mana bisa merusak mood kita secara keseluruhan.

Pastikan Destinasi Santai Bukan Aktivitas Berat

Karena short escape adalah liburan singkat di tengah rangkaian minggu-minggu jenuh maka yang kalian butuhkan adalah relaksasi. Pilihannya hanya dua, pantai atau pegunungan. Hindari model traveling adventure apalagi yang memerlukan banyak aktivitas fisik, karena di hari Senin kalian pasti akan kelelahan bukannya refresh.

da

Ingat radius karena waktu kalian tidak banyak | Pixabay

Road Trip Dengan Radius Tertentu

Pilihan terbaik adalah dengan jalur darat yang tidak terlalu jauh. Kelebihan road trip adalah kita akan merasakan atmosfer jalan-jalan lebih ketimbang dengan perjalanan udara yang singkat. Nah masalahnya batasi destinasi kalian pada radius tertentu ya. Perjalanan dengan mobil lebih dari 200 km akan terasa melelahkan, jadi sadar lokasi juga bro.

Yang harus selalu diperhatikan adalah jangan pernah traveling dengan partner yang rewel serta dalam keadaan dompet mepet. Hal ini sangat esensial karena dua poin tersebut bisa sangat menyulitkan kalian selama liburan. Inti traveling buat senang kan bro, bukan susah?