Karier

6 Cara Cepat Dapat Kerja bagi Fresh Graduate

Lulus kuliah dengan IPK tinggi, lalu sekarang mau apa lagi? Jawaban sederhanya ya cari kerja! Nah masalahnya cari kerja tidak segampang cari hobi bro. Fase di mana kalian lepas dari kampus dan harus masuk ke belantara dunia pekerjaan adalah salah satu fase paling menantang dalam siklus hidup kita.

Fresh graduate sendiri adalah status yang sejujurnya menyebalkan. Tanpa pengalaman namun membutuhkan pekerjaan, sedang di banyak perusahaan posisi yang tersedia selalu mencantumkan kriteria “pengalaman minimal 1 tahun.” Untuk kalian yang merasa baru lulus, nih kita share trik-trik jitu untuk segera dapat pekerjaan.

cover-freshgrad-2

Jangan sembarangan melamar untuk menghindari karier berantakan | Istimewa

Browse It Right

Karier kita dimulai sejak browsing lowongan kerja di internet. Menurut mitos jadul semakin banyak melamar semakin besar kemungkinan panggilan interview. Hal ini justru berpotensi membuat perjalanan karier kita tidak sesuai latar belakang pendidikan. Hentikan cara lama ini dan mulailah dengan lowongan-lowongan yang sesuai dengan pendidikan kita.

Fokus Pada Perusahaan Kecil

Tempat terbaik mencari pengalaman adalah di perusahaan yang juga sedang mencari pengalaman. Spesifikasi perusahaan seperti ini cenderung ramah untuk kelompok fresh graduate bro.

Cover FreshGrad 4

Kostum yang pas memberikan kesan yang baik saat interview | Istimewa

Resume Menarik

Kontak pertama kita dengan sebuah perusahaan adalah resume dan C, Maka buatlah semenarik mungkin. Hari ini sudah banyak website desain yang bisa membantu kita untuk membuat resume yang menarik kok bro.

Jaga Networking

Jangan lupakan teman kampus dan senior-senior almamater adalah networking terpenting buat kalian yang belum punya koneksi professional. Tak sedikit loh bro fresh graduate yang dapat kerja dari lingkungan teman.

Sukses Menghadapi Interview

Sponsored Links

Perusahaan sudah tertarik tapi ternyata kita ‘bodoh’ saat interview. Perhatikan poin seperti cara berpakaian, cara berbicara, hingga pengetahuan tentang job desk yang akan dilamar. Interview adalah satu-satunya momen yang bisa menentukan kalian diterima atau tidak oleh sebuah perusahaan. Untuk detail mendalam kalian bisa cek artikel kita Modern Guide: Kegagalan Wawancara Kerja.

cover-freshgrad-3

Jangan banyak mau soal gaji toh pengalaman saja kita belum punya | Istimewa

Jangan Tengil Soal Gaji

Sudah interview dan diterima tapi banyak fresh graduate tetap menganggur karena alasan gaji yang tidak cocok dengan standar S1. Balik lagi ke niat awal kita adalah mencari pengalaman bray. Gaji kurang-kurang sedikit tidak usah dipikirkan, lebih baik pikirkan portofolio kita.

Langkah-langkah di atas merupakan poin mendasar yang bisa membantu kalian lebih mudah mendapatkan pekerjaan tanpa pengalaman. Selebihnya kalian bisa menyerahkannya kepada usaha yang sungguh-sungguh. Selamat mencari kerja bro!