Olahraga

6 Fakta Asian Games 2018 yang Luput dari Perhatian

Selama lebih dari dua minggu pelaksanaan Asian Games 2018 tentunya banyak menyisakan cerita-cerita baik di luar ataupun dalam arena yang luput dari perhatian banyak pengunjung. Salah satu contoh saja ternyata ada 13.000 orang relawan yang bekerja demi lancarnya pelaksanaan Asian Games 2018 loh bro.

Lebih lanjut yuk kita bahas satu demi satu fakta-fakta yang tidak banyak diperhartikan oleh banyak orang.

srilanka-inasgoc

Kontingen Sri Lanka | INASGOC

Air Mata Sri Lanka

Sri Lanka menjadi negara peserta Asian Games 2018 yang mungkin saja paling banyak bersedih sepanjang dua minggu pelaksanaan. Mendatangkan tak kurang dari 173 atlet untuk meraih mimpi di Jakarta dan Palembang, namun memang ibu kota lebih kejam daripada ibu tiri. Negara ini pulang tanpa membawa satu medali pun di Asian Games 2018.

brunei-berita-satu

Kontingen Brunei Darussalam | BeritaSatu

Sesuai Jumlah Penduduk

Brunei Darussalam yang juga ikut di Asian Games 2018 ini datang ke pertarungan hanya dengan 15 atlet. Dan ini tercatat sebagai negara dengan jumlah peserta tersedikit. Bandingkan dengan Indonesia yang menerjunkan 935 atlet. Ya disesuaikan juga kali ya dengan jumlah penduduk. Brunei tercatat memiliki penduduk sebanyak 425.717 jiwa (2013) dan Indonesia memiliki setidaknya 255 juta penduduk per tahun 2015.

relawan-istimewa

Para relawan Asian Games 2018 | Istimewa

Perpisahan Berat Relawan

Para relawan yang berjumlah sekitar 13.000 orang ini akhirnya harus berpisah seusai penyelenggaraan Asian Games 2018. Selama 5 bulan mereka berjuang bersama demi pelaksanaan acara yang tentunya banyak sekali tantangan. Dan mereka-mereka inilah yang selalu membantu kita saat mencari pintu masuk, toilet, menjaga tiket, mengorganisir massa dll. Ingat bro mereka tak digaji, salut untuk para relawan.

bunga-asian-games

Bunga Nyimas dengan medali perunggunya | Asian Games 2018

12 Tahun Sudah Punya Medali

Cabang olahraga skateboard punya cerita unik di mana Bunga Nyimas (12 tahun, 138 hari) menjadi peraih medali termuda di Asian Games 2018 dari nomor women’s street. Jika Bunga saja sudah punya medali perunggu di usia 12 tahun, kita sedang apa ya kira-kira di usia segitu?

jalan-persiden

Presiden Jokowi nikmati trotoar kompleks GBK | PresidenRI.go.id

Lebih Banyak Pejalan Kaki

Sponsored Links

hanif-detik

Hanifan saat peluk Jokowi dan Prabowo | Detik

Sekejap Ringankan Hawa Panas Tahun Politik

Tahun 2019 akan menjadi tahun yang gerah karena pilpres ada di sana, namun dengan Asian Games 2018 Indonesia seperti negara yang benar-benar bersatu seutuhnya. Momen terbaik dihadirkan pesilat Hanifan Yudani yang sukses memeluk Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto seusai meraih medali emas.

Itu dia bro 6 fakta yang kita temukan selama Asian Games 2018 namun tidak banyak disadari. Mungkinkah kita melanjutkan tradisi bersatu ini tanpa ada perhelatan raksasa semacam Asian Games 2018? Jawabannya pasti bisa kok bro, karena kita Indonesia!