Olahraga

6 Fakta Seru Tentang MotoGP

Menjelang musim balap 2018 yang akan dimulai 18 Maret mendatang di Qatar, kami ingin membagikan beberapa fakta menarik tentang ajang balap motor paling bergengsi ini. Diceritakan pembalap Inggris, Bradley Smith kepada Telegraph sebenarnya seperti apa sih fakta seru tentang MotoGP dan para manusia di dalamnya?

Sebuah Motor 160kg

Mengapa para pembalap tetap butuh latihan fisik yang ketat seperti nge-gym? Ya, karena mereka harus menghabiskan ratusan lap bersama sebuah motor seberat 160kg. Gaya sentripetal objek seberat itu dalam kecepatan 100km/jam di tikungan tentunya bukan main-main bro.

“Mungkin terlihat mudah tapi balapan itu benar-benar butuh usaha keras,” kata Bradley.

2 Liter Keringat

Kombinasi dari pengerahan energi fisik yang besar dengan lingkungan balap yang menantang membuat MotoGP menjadi salah satu balapan yang melelahkan.

“Hal ini menjadi semakin parah saat kalian harus balapan di tengah suhu 36 . Tekanan panas yang berlebih dan stres membuat pembalap bisa kehilangan sekitar 2 liter keringat selama 45 menit di track,” katanya.

ban

Sangat lengket karena bantuan sains | MotoGP

Ban Super Lengket

Permukaan ban yang menempel pada aspal saat menikung tak lebih lebar dari sebuah kartu kredit. Sebuah level grip yang luar biasa untuk sebuah ban. Hal ini bisa diraih bukan hanya karena kualitas karet bannya, tapi juga campuran kimia saat pembuatan ban balap. Sains berperan banyak pada ajang balap ini. Harga sepasang ban spesifikasi balap MotoGP sekitar Rp17 juta loh bro!

Kulit Kangguru

Wearpak yang digunakan para pembalap ternyata dibuat dari kulit kangguru. Kulit kangguru memiliki ketahanan yang luar biasa saat harus bergesekan dengan aspal ditambah lebih ringan dan fleksibel. Dengan ketebalan 3-5 mm tampak seperti bukan perlindungan berarti, tapi serius bro kulit kangguru sangat kuat. Rumor mengatakan harga wearpak Dainese untuk Valentino Rossi bahkan mencapai Rp100 juta.

werpak

Kulit kangguru jadi bahan baku wearpak para pembalap | MotoGP

Cepat Move On

Para pembalap tangguh harus cepat sembuh dari ingatan tentang sebuah crash. Sangat tidak memungkinkan untuk menjadi cepat di track saat bayangan mereka tentang jatuh belum hilang.

“Kami harus memiliki ingatan yang pendek soal crash. Karena jika ingatan tentang crash terus terbayang, tidak mungkin kami bisa membalap dengan maksimal,” lanjut Bradley.

Komputer Besar Berkecepatan 350km/jam

Sebuah motor MotoGP seperti sebuah komputer besar yang bisa dibawa ngebut hingga 350 km/jam. Dengan lebih dari 500 kanal data sebuah motor MotoGP bisa merekam banyak kejadian selama balap, dan data ini sangat penting bagi tim untuk pengembangan motor. Uniknya, kebanyakan pembalap justru hanya fokus pada tiga kanal data, yakni indikator pindah gear, posisi gear dan catatan lap time.

dash

Hanya posisi gear, lampu indikator gear dan catatan lap | MotoGP

Itu dia fakta seru yang bisa kalian ketahui tentang MotoGP. Ternyata tak hanya soal balapannya bro tapi banyak cerita di belakangnya yang menarik untuk diketahui. Jadi jangan hanya teriak-teriak kecewa saat pembalap kita kalah ya bro, olahraga ini tak segampang yang ditonton.