Traveling

6 Tips Hadapi Perjalanan Bisnis

Mungkin banyak dari kalian yang hampir seumur hidup selalu bekerja di belakang meja dan komputer, tapi percayalah suatu saat akan tiba waktunya di mana kalian harus keluar dan melalukan perjalanan bisnis untuk urusan kantor. Perjalanan bisnis ini terasa sekilas seperti trip biasa yang agak beraroma ‘jalan-jalan.’ Sejujurnya, lebih dari itu, perjalanan bisnis adalah sesuatu yang lebih serius.

Melakukan perjalanan bisnis berarti kita menjadi wajah perusahaan di depan banyak orang yang akan kita temui. Lalu apa saja yang harus disiapkan sebelum terlihat bodoh? Khusus bagi kalian yang akan melakukan perjalanan bisnis perdana, berikut ini beberapa tips dan triknya.

Membuat Daftar Packing

Buatlah daftar packing jauh hari sebelumnya agar kita tidak melewatkan barang-barang penting yang harus dibawa. Yang pasti sangat esensial dibawa adalah kartu nama, pakaian formal dan buku catatan. Selain sebagai pengingat Anda sedang bekerja, barang-barang ini pasti juga akan dibutuhkan nanti.

Outfit Santai

Ke luar kota berarti kita akan tinggal di sebuah tempat di luar rumah, entah itu oil rig, hotel atau mungkin rumah penduduk di pedalaman selalu siapkan pakaian santai yang akan membuat kita nyaman. Tapi kembali lagi, sesuaikan outfit santai ini dengan lokasi kita menetap.

Hindari Koper Besar

Anda bekerja dan mobilitas mungkin akan menjadi salah satu tuntutan selama di luar kota. Hindari menggunakan kopor besar dan berat. Gunakan koper roda atau tas bahu akan membuat perjalanan bisnis kita lebih baik. Maka bawalah barang-barang yang diperlukan dengan efisien, berkeliling di kota asing dengan koper raksasa adalah mimpi buruk.

Makan dengan Pantas

Jika kita ternyata harus menjamu klien mungkin restoran bintang lima akan terlihat bagus, tapi ketika makan sendirian tak perlu kita mendadak jadi langganan di restoran tersebut. Perusahaan akan menghargai kita jika selama perjalanan kita tidak dengan sengaja memanfaatkan finansial mereka.

Dompet Khusus Resi

Beberapa perusahaan ada yang menggunakan sistem reimburse untuk pengeluaran kita selama dalam perjalanan, simpan semua resi tersebut sebagai tanda bukti nanti. Jika memang perjalanan kita akan lebih dari satu minggu, siapkan dompet khusus untuk menyimpan resi-resi ini agar tidak tercecer di dompet utama.

Enjoy The Trip

Mau tidak mau sepertiga dari perjalanan bisnis tentu adalah refreshing. Nikmati perjalanan kalian di waktu senggang dengan mengunjungi lokasi-lokasi menarik. Yang pasti jangan terlalu sering update foto saat santai di media sosial untuk menghindari kesenjangan dengan rekan kerja yang ada di kantor.