Karier

6 Teknik Akur dengan Rekan Kerja yang Rese’

Bagi kalian yang memiliki lingkungan kerja dalam ruangan pasti sadar betul kalau setiap hari harus berhadapan dengan pribadi yang beragam di kantor. Rekan kerja mau tak mau menjadi keluarga sementara kita selama 8 jam setiap hari. Ada yang asyik, ada juga yang malesin, tapi demi kenyamanan kerja kita harus bisa berteman dengan mereka semua.

Menghadapi rekan kerja yang menyebalkan sebenarnya gampang-gampang susah. Mereka sulit ditebak, bahkan dengan sikap termanis yang kita punya-pun belum tentu bisa sukses menghadapi mereka. Selanjutnya mari kita jabarkan satu-persatu.

Jangan Mencolok

Mereka para perusuh kantor biasanya sudah menguasai lingkungan persahabatan di kantor. Radar mereka sangat sensitif dengan anak-anak baru, ketika kalian sudah terlihat menonjol di minggu-minggu pertama kerja jangan harap minggu berikutnya kalian akan kerja dengan lancar. Untuk sebulan pertama sebaiknya kita terlihat seperti bukan siapa-siapa di lingkungan, bukan di performa ya bro.

Follow Their Rules

Mereka memiliki aturan tak tertulis yang tentunya bisa kalian rasakan setelah beberapa bulan bekerja. Ikuti aturan tersebut, bila perlu buat diri kalian seakan rakyat jelata yang menerima aturan ‘zalim’ rajanya. Mereka akan sadar bahwa kita ternyata bukan ancaman untuk eksistensinya.

Ketahui Masalah Mereka

Dalam beberapa acara nongkrong bareng sebaiknya kalian jangan absen. Ini adalah kesempatan terbaik kita untuk berbaur dengan mereka di lingkungan yang lebih bebas. Saat kita bukan ancaman, kita bisa masuk ke situasi obrolan santai. Luar biasa jika kalian bisa membuat mereka curhat serius. Dengarkan dan tanggapi dengan serius, mereka akan berubah menjadi manis keesokan harinya.

Traktiran

Orang Indonesia bagian mana yang tidak suka dengan traktiran. Mereka tetap manusia biasa bro, suap dengan makanan atau tiket nonton gratis sesekali. Percayalah bro, traktiran sangat bernilai di saat kita sudah tahu betapa lelahnya mencari uang sendiri.

Menjadi Misterius

Untuk kalian yang sama sekali tidak menyukai mereka hingga ke ranah personal, jadilah misterius. Saat mereka tidak memiliki data apa-apa, mereka akan kesulitan menghadapi gerak-gerik kita. Menjadi misterius adalah menjadi tak terlihat dan tak terlibat. Teknik ini sangat efektif ketika kita beda divisi dengan mereka.

Kalahkan dengan Prestasi

Beberapa trouble maker akut tetap tidak akan mempan dengan teknik-teknik di atas, cara terakhir adalah mengalahkan dan menyadarkan. Kalian harus menjadi karyawan yang benar-benar brilian dalam performa kerja untuk melakukan teknik terakhir ini. Saat prestasi kalian jauh di atas rata-rata, jajaran para manajer akan segera mengenali kita. Sebuah aset yang sangat penting untuk perusahaan akan memiliki banyak pembela, mereka jadi bukan siapa-siapa.

Itulah beberapa cara pilihan untuk menghadapi teman kantor yang masuk kategori menyebalkan. Yang terpenting niatkan baik dahulu untuk menjauhi permusuhan. Menjadi pribadi yang baik memang butuh usaha keras, tapi efeknya dipastikan sangat sepadan bro!