Fashion

7 Trik Mainkan Gaya dengan Budget Pas (Bagian 2)

Sobat Lanang, sebelumnya kita telah bahas empat tips untuk gaya dengan budget pas di bagian pertama. Pada bagian kedua ini kita akan bagikan tiga tips pamungkasnya.

Detail Aksesori

Aksesori adalah cara paling mudah untuk memercikkan nuansa baru dalam penampilan. Terlebih untuk cara berbusana wajib sehari-sehari seperti seragam kantor. Padanan kemeja dan celana dengan warna yang cenderung monoton akan terasa beda dengan variasi model jam tangan.

Formalnya penampilan kantormu dengan jam tangan bertali kulit akan melentur ketika kalian menggantinya dengan jam tangan bertali kanvas. Gaya kasualmu, seperti kaos putih dan jins biru,  juga tampak lebih sporty saat mengenakan jam tangan bertali karet.

Blazer yang sama tak akan terlihat monoton dengan aplikasi aneka pocketsquare. Macam gelang rantai, kulit hingga tali juga memberi efek beda pada gaya kalian.

Hal yang sama juga berlaku pada kacamata, baik dari bentuk frame seperti wayfarer atau aviator maupun warna lensa dari yang hitam, gradasi hingga mirror. Biaya yang dikeluarkan untuk membeli ‘printilan’ ini jauh lebih sedikit dibanding membeli pakaian namun dampaknya pada penampilan begitu efektif.

Modifikasi

Mintalah bantuan tailor langganan untuk mengubah pakaian-pakaian lamamu menjadi baru dengan berbagai modifikasi.

Beberapa keajaiban yang dapat dilakukan tailor tak saja memberi ilusi kakimu yang lebih panjang atau pinggang yang lebih ramping. Namun dengan sedikit waktunya, kemeja, celana atau blazermu akan terlihat baru. Kalian pun bisa berekplorasi dengan mengganti kancing kemeja. Bayangkan kemeja putihmu yang berkancing warna senada, tentu akan sangat berbeda tampilannya saat kancingnya berwarna hitam.

Beberapa detil kecil ini, dengan bantuan sang penjahit, akan membuat perbedaan besar pada gaya kita.

Hunting Barang Bekas

Barang bekas mungkin tak terpikirkan olehmu. Bila memakai pakaian bekas pakaian orang yang tak dikenal membuatmu risih, banyak cara untuk membersihkan dan memastikan pakaian bekas menjadi higienis kembali. Aksesori bekas seperti jam tangan dan tas tentu tak menjadi masalah.

Bila berkunjung ke pasar loak tak menarik bagimu, berbelanjalah di aplikasi barang bekas atau preloved. Dalam aplikasi ini segala jenis produk fashion baik yang bermerek hingga temuan vintage bisa kita dapatkan. Selain itu, beberapa penjual memberikan kebijakan uang kembali apabila barang yang kalian beli tidak sesuai harapan.

Saat membeli pakaian atau aksesori bekas, fokuslah pada item-item yang bergaya klasik, timeless yang tidak menjadi tren tahun silam. 

Nah bro, penampilan prima memang menjadi kebutuhan dasar bagi para pria modern. Namun, bukan berarti gaya menjadi prioritas pengeluaran kita. Bijaklah dalam mengatur keuangan, namun cerdas pula dalam mengaplikasikan gaya berbusana.