Etika

Adab Berkomentar Di Media Sosial

Pada era modern seperti sekarang ini kehidupan manusia tidak bisa dilepaskan dari media sosial. Hampir setiap individu di berbagai belahan dunia memiliki media sosial nya masing-masing. Dengan tujuan dan maksud yang berbeda, setiap orang cenderung adiktif terhadap media sosial yang digunakan.

Banyak cara yang dilakukan seseorang untuk menggunakan media sosial. Ada yang menggunakannya dengan sangat hati-hati, ada pula yang bertingkah sesuka hati. Mereka yang bertindak sembarangan di dunia maya tak jarang menimbulkan masalah bagi diri nya sendiri dan juga orang lain. Melalui komentar-komentar dan ucapan yang menyinggung sampai menghina pihak lain, media sosial sering kali menjadi polemik bagi masyarakat di dunia maya.

Nah, agar kalian tidak terjerat masalah dalam menggunakan media sosial, coba yuk patuhi adab berkomentar di media sosial. Apa saja ya? Simak yuk!

Adab Berkomentar 2

Tulisanmu Harimaumu

Sponsored Links

Baca Sebelum Berkomentar

Biasakanlah untuk membaca berita atau postingan seseorang secara keseluruhan dan utuh sebelum berkomentar. Hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi kesalah pahaman pada tulisan komentar yang kalian buat.

adab-berkomentar-3

Gunakan Bahasa Yang Sopan

Memberi komentar tidak harus selalu sependapat dengan topik yang dibahas. Kalian juga boleh menyampaikan komentar dalam pendapat yang berseberangan.

Meskipun begitu, pergunakanlah kata yang sopan serta tidak menyakiti. Jangan mengandung unsur SARA atau pun kata ejekan lainnya. Berikanlah komentar atau kritik yang membangun serta saran yang positif bila tidak sependapat dengan apa yang dibahas.

adab-berkomentar-4

Dilarang Provokatif

Sekalipun berbeda pendapat, jangan pernah memberikan komentar yang bersifat provokatif. Jangan mengujarkan kebencian kepada suatu kaum atau pihak lain yang berseberangan dengan kalian.

Itulah beberapa adab berkomentar di media sosial yang perlu diketahui agar kalian terhindar dari masalah. Selalu waspada dan berhati-hati dalam memberi komentar dan tanggapan di media sosial manapun. Tapi kalau kalian tidak sependapat, bukan berarti harus berkomentar kan, bro?

adab-berkomentar-5