Etika

Adab Dalam Minum Kopi

Kebiasaan meminum kopi sudah menjadi budaya turun-temurun yang dilakukan oleh banyak orang. Beragam pilihan kopi yang ada saat ini pun membuat jumlah peminumnya semakin bertambah setiap hari.

Tapi ternyata minum kopi itu tidak bisa sembarangan, lho. Ada etika tak tertulis saat meminum kopi yang sudah dilakukan oleh seluruh pecinta kopi di berbagai belahan dunia.

Ada beberapa hal yang dianggap tabu serta tak sopan bila kalian melanggar etika meminum kopi tersebut, khususnya saat stuasi formal. Nah, agar kalian tak salah dan dianggap tak beretika, berikut ini kita bahas beberapa adab dalam meminum kopi.

 

Cara Memegang Cangkir

kopkop-1a

Ilustrasi | Istimewa

Saat hendak meminum dan memegang cangkir kopi, jangan pernah melentikan jari kelingking kalian. Pegang cangkir kopi dengan posisi seluruh jari tangan dirapatkan.

Apabila ada rongga di antara jari-jari tersebut, makan si peminumnya dianggap memiliki sifat sombong. Gaya minum kopi dengan jari tidak rapat tersebut mengadaptasi kesombongan Victorian Era dan hal tersebut dianggap sangat tidak sopan.

 

Dilarang Menambahkan Es Ke Dalam Cangkir Kopi Panas

kopkop-2

Jangan masukan es ke dalam kopi panas | Istimewa

Saat meminum secangkir kopi panas, jangan pernah menambahkan bongkahan es ke dalam cangkir kopi tersebut. Bila dilakukan, hal tersebut akan merusak cita rasa orisinil dari kopi serta dianggap tidak menghargai para petani biji kopi serta barista yang membuatnya.

 

Jangan Mencelupkan Makanan Apapun Ke Dalam Kopi

kopkop-3

Mencelupkan makanan ke dalam kopi adalah hal yang melanggar etika | Istimewa

Sering kali kita melihat atau bahkan kita sendiri yang suka mencelupkan biskuit, kukis, roti, atau makanan lain ke dalam cangkir kopi. Padahal mencelupkan makanan ke dalam kopi merupakan pelanggaran dalam etika meminum kopi. Hal tersebut dilarang karena kopi dibuat untuk diminum dan dinikmati cita rasa aslinya, bukan sebagai penambah rasa pada makanan yang dicelupkan.

Akan tetapi hal ini tidak berlaku di Negara Perancis. Orang-orang di sana biasa menyajikan kopi dengan sepotong croissant untuk dicelupkan dan dinikmati bersamaan dengan kopinya.

 

Dilrang Meletakan Sendok Di Dalam Cangkir

kopkop-4

Ilustrasi | Istimewa

Bila kalian menggunakan sendok untuk mengaduk kopi, letakan sendok di atas piring alas cangkir kopi tersebut. Jangan pernah meninggalkan sendok tersebut di dalam cangkir karena dapat merusak wujud kopi serta hal ini dianggap tidak sopan oleh lawan bicara kalian.

 

Itulah beberapa adab dalam meminum kopi. Hal ini jelas berlaku untuk situasi formal atau sedang berbicara dengan orang-orang penting.

Kopi adalah simbol keakraban serta mampu menyatukan orang-orang dari berbagai kalangan. Apapun jenis kopi yang kalian suka, nikmati lah kopi tersebut dengan santai dan penuh kehangatan. Sudah minum kopi hari ini?