Etika

Adab Merokok Di Ruang Publik

Saat ini merokok seolah sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat luas. Jumlah perokok di dunia pun sangat banyak meskipun kegiatan ini tentu tidak baik bagi kesehatan.

Meskipun demikian, merokok adalah aktivitas yang dilindungi oleh undang-undang. Namun bukan berarti para perokok bisa bebas begitu saja mengepulkan asap rokoknya di sembarang tempat. Itu karena tidak semua orang nyaman dengan asap rokok.

Para perokok wajib memiliki dan menjaga etika saat sedang menikmati rokoknya, apalagi saat berada di ruang publik. Nah, berikut ini ada beberapa etika dasar yang harus kalian ketahui saat merokok di ruang publik. Simak yuk, bro!

 

Jangan Merokok DI Area Yang Dilarang

rokok-2

Beberapa ruang publik biasanya memasang rambu dilarang merokok | Istimewa

Kalian pasti sering menemukan tulisan NO SMOKING atau DILARANG MEROKOK di beberapa tempat umum yang kalian kunjungi. Nah, hal ini tentu merupakan peringatan tertulis yang cukup jelas kepada perokok untuk tidak membakar gulungan tembakau nya di tempat tersebut.

Jangan coba-coba untuk nekad merokok di area yang bebas asap rokok tersebut ya, bro. Biasanya ruang publik yang memasang tulisan tersebut memiliki undang-undang yang apabila dilanggar, maka pelakunya bisa terkena hukuman pidana.

 

Jangan Merokok Dekat Ibu Hamil dan Anak-anak

rokok-1

Asap rokok bisa berdampak buruk untuk kesehatan anak | Istimewa

Bila di sekitar kalian ada ibu yang sedang mengandung, maka segeralah matikan rokok kalian. Ibu hamil tentu membutuhkan udara segar untuk kesehatan perkembangan jabang bayi yang sedang dikandungnya.

Jangan pernah juga membakar rokok kalian di dekat anak kecil dan balita. Selain dapat mengganggu kesehatan mereka, aktivitas merokok pun dikhawatirkan akan ditiru oleh mereka. Anak-anak atau balita biasanya suka melakukan hal yang mereka lihat secara berulang. Jadi jangan merokok dekat anak dan balita ya, bro.

 

Jangan Merokok Di Transportasi Umum

rokok-3

Berhentilah merokok, apalagi saat berada dalam transportasi publik | Istimewa

Tak semua transportasi umum memasang tulisan dilarang merokok. Namun bukan berarti kalian bisa seenaknya saja membakar rokok kalian di dalam kendaraan umum tersebut.

Ini merupakan aturan tak tertulis yang sudah sepatutnya dipatuhi oleh semua kalangan. Transportasi umum sudah semestinya bebas dari asap rokok demi kenyamanan seluruh penumpang selama perjalanan.

 

Jangan Merokok DI Tempat Ramai dan Minim Sirkulasi Udara

rokok-4

Tempat yang padat dan sesak seperti konser musik seringkali tercemar asap rokok | Istimewa

Tempat ramai yang padat dan penuh sesak sudah seharusnya dijaga dari asap rokok. Menghirup udara segar saja susah, apalagi bila udara yang sedikit itu harus tercemar oleh asap rokok. Tentu akan sangat mengganggu banyak orang di tempat tersebut.

Biasanya tempat-tempat seperti pasar tradisional atau bahkan konser musik yang dipenuhi banyak orang seringkali luput dari kesadaran kita akan pentingnya menjaga etika dalam merokok. Jadi bila kalian sedang berada di tempat yang padat dan sesak, sebaiknya jangan pernah membakar rokok tersebut.

 

Sponsored Links

Karena mereka yang tidak merokok juga memiliki hak sama untuk mendapatkan udara segar dan bebas dari polusi asap rokok. Rokok juga dapat mengganggu kesehatan si perokok dan orang sekitarnya. Jadi alangkah baiknya bila yang sudah kecanduan rokok untuk berhenti merokok. Agar terciptanya kehidupan dan lingkungan yang jauh lebih sehat.