Gaya Hidup

Adu Kreasi Food Plating Sajian Nusantara

Penyajian makanan di atas piring menjadi salah satu penentu seseorang berselera untuk menyantapnya, walau makanan enak dan mahal sekalipun jika tidak ditata cantik dengan porsi seimbang maka tidak akan menarik.

Untuk menumbuhkan kreativitas menata makanan atau bahasa kerennya food styling khususnya untuk sajian nusantara , Indo Porcelain salah satu produsen perangkat makan dengan brand Zen Tableware bersama komunitas Aku Cinta Masakan Indonesia (ACMI) dan William Wongso Kuliner, menggelar Zen Food Plating Competition.

DSC01172

Lomba food styling dengan kategori profesional dan non-profesional itu diikuti ratusan peminat dari seluruh Indonesia. Tahap awal berlangsung dari 31 Oktober hingga 30 November 2017 lalu, para peserta wajib menggunggah melalui media sosial foto food plating mereka.

Dua jenis masakan Indonesia, main course (sajian utama) dan dessert (sajian penutup) menjadi persyaratan mutlak. Terpilih 10 finalis tiap kategori yang telah menunjukkan keterampilan mereka di Jakarta, langsung di depan juri diantaranya William Wongso - pakar kuliner, Puji Purnama - food stylist, Vivi Anggara - Managing Director Indo Porcelain, dan Santhi Serad - Ketua ACMI.

Pemenang kategori non-profesional diraih Dini Maharani, mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia. Dara berusia 18 tahun asal Bandung tersebut mengusung tema hidangan lebaran khas Pasundan. “Selain komposisi bahan yang seimbang, penggunaan bahan baku lokal dan cerita atau tema di balik penyajian juga menjadi nilai tambah yang menarik,” jelas Santhi, salah satu juri saat ditanya tentang alasan penilaian pemenang.

dsc01234-620x424

Sedangkan kategori profesional dimenangkan chef Adie Miartadi dari Arkamaya Indonesian Culinary Education. Food plating dari chef penuh semangat dan percaya diri itu mencuri hati juri karena memadukan kekayaan beragam sajian nusantara dalam tema food plating-nya . ­ “Originalitas, keterampilan, ide, dan komposisi bahan sesuai porsi yang tepat menjadi penilaian utama dalam penjurian lomba ini, “ ungkap William Wongso.

Selain pemenang pertama, kedua dan ketiga, terdapat pemenang favorit yang juga mendapatkan uang tunai dan beragam hadiah menarik.