Motor-mobil

Adu Masif PCX & NMAX, Menang Siapa?

Honda akhirnya mau merubah prinsipnya dengan membuat PCX versi lokal, dengan begini sang sayap mengepak bisa bersaing dengan Yamaha NMAX yang lebih dulu melenggang tanpa lawan di jalan. Di kalangan pencinta skuter maxi ini menjadi angin segar untuk menambah pilihan berkendara.

Di satu sisi Honda harus kembali mendapat caci-maki dari para fansboy-nya karena tak sedikit yang sudah membeli PCX rakitan Vietnam dengan harga Rp 40 juta. Ini juga pernah terjadi dengan CBR 150 edisi pertama ketika Honda memboyongnya dari Thailand dan enggan merakit lokal, namun pada akhirnya merakit lokal juga. Kenapa Honda Indonesia aka AHM selalu terlambat dan harus menunggu pasar ramai?

Honda All New PCX 150 memang hadir dengan beberapa fitur yang tak dimiliki pesaingnya, seperti Keyless, Portcharging, Alarm & Answer Back System, Lampu Hazard dan Idling Stop System. Selain itu Honda PCX telah menggunakan Starter ACG sehingga tak ada lagi suara kasar saat menyalakan motor.

Lalu bagaimana dengan penjualannya? Honda PCX memang sangat sedikit peminatnya, tapi itu sebelum adanya versi lokal ini. Honda PCX pun tak masuk 10 motor terlaris, hal itu sudah pasti dikarenakan harga yang tak kompetitif. Tapi kini dengan harga Rp 27 juta untuk Honda PCX CBS dan Rp 32 juta untuk versi ABS, akankah masuk motor terlaris? Atau bahkan menggeser Yamaha NMAX?

Melihat hal ini Yamaha pun tak tinggal diam, jelas mereka tak mau kehilangan eksistensi NMAX yang menjadi penopang angka penjualannya ini. Yamaha Indonesia akan memperkenalkan model terbaru skuter maxi Yamaha NMAX dan NMAX 155 ABS model tahun 2018.

NMAX terbaru yang akan bersaing dengan Honda PCX ini menawarkan empat pilihan warna, seperti Matte Black dan Matte Grey dengan velg emas, Biru dengan velg hitam, dan Putih dengan velg perak. All New Honda PCX 150 hadir dengan pilihan warna Black, White, Red dan Light Gold.

Jika melihat angka dari 10 motor terlaris di Indonesia per September 2017, Enam motor Honda masuk dan mengisi posisi tiga teratas. Sedangkan Yamaha hanya mampu menyumbang empat motor saja. Tapi jika bicara khusus Yamaha NMAX, motor ini berada di posisi ke-4 terlaris. NMAX menjadi skuter maxi sekaligus motor Yamaha yang paling laris di Indonesia, Sungguh keistimewaan tersendiri bukan?

Penggemar PCX sebaiknya tak sesumbar dulu untuk menyenggol NMAX di klasemen skuter maxi terlaris. PCX harus lebih dulu mampu menggeser Yamaha Aerox 155 yang berada di posisi 10 motor terlaris. Yamaha Aerox juga merupakan skuter maxi namun dengan model yang lebih segmented.

Tetapi keyakinan fansboy Honda PCX atas Yamaha NMAX memang beralasan, ini melihat dari AHM yang sangat masif dalam strategi penjualan, mulai dari branding, marketing, hingga pelayanan purna jual, AHM cukup baik. Dalam hal ini Yamaha Indonesia harus berhati-hati menghadapi gempuran AHM. Angka penjualan NMAX yang mencapai lebih dari 30 ribu unit tentu tak ingin diisi oleh PCX bukan?