Tekno Otomotif

Akankah Legenda Suzuki Jimny Berlanjut?

Bagi penggemar off-road tanah air pasti sudah tidak asing dengan Suzuki Jimny. Si SUV mungil yang sudah ada sejak tahun 1970 ini akhirnya kembali ke Indonesia dengan wajah baru yang lebih modern. Tapi kali ini perjuangannya untuk kembali dicintai tidak akan mudah, coba kalian hitung ada berapa brand di Indonesia  hari ini yang memiliki produk SUV?

Mengusung mesin 1.3 liter AT, Jimny bisa memuntahkan tenaga hingga 82hp dan torsi sebesar 110Nm. Semua itu dihargai dengan banderol Rp285 juta on the road. Dengan spek seperti ini lalu siapa saja sih calon penjegal kisah manis Jimny di Indonesia?

da

Toyota Rush

Rush berpotensi menjadi yang pertama akan menekan penetrasi Jimny di Indonesia. Dengan mesin 1.5 liter yang bisa memuntahkan tenaga hingga 108hp dan torsi 141Nm, Rush varian tertinggi TRD Sportivo AT hanya dibanderol Rp264,5 juta. Tak hanya dari segi spek, tapi juga soal kuatnya brand Toyota di mata konsumen Indonesia akan menjadi sebuah senjata ampuh untuk mematahkan perjuangan Jimny.

jimny3

Renault Duster

Duster adalah produk yang lahir pada tahun 2009. Berbekal mesin diesel 1.5 liter yang perkasa karena walau hanya punya power 84hp tapi SUV asal Prancis ini memiliki torsi hingga 200Nm. Varian terendahnya RXL 1.5 DCI bisa diboyong pulang dengan harga Rp275 juta. Satu-satunya kelemahan Duster adalah minimnya sejarah bersama Indonesia.

jimny4

Honda BR-V

Secara genre mungkin BR-V masih lebih masuk ke kelas MPV, namun lagi-lagi nama besar Honda bisa menjadi penghalang kesuksesan Jimny. Dengan mesin 1.5 liter SOHC i-VTEC BR-V bisa meraih tenaga hingga 120hp dan torsi 145Nm. Dengan harga varian tertinggi Rp268 juta membuat Jimny terasa agak berlebihan.

Kembali lagi semua spesifikasi lawan-lawan Jimny di atas adalah sebagai pembanding yang masuk akal. Tapi mau tak mau ya bagi kalian yang sudah jatuh cinta dengan Jimny sejak generasi pertama tentu tidak akan pernah goyah oleh godaan apapun. Lalu akankah legenda Jimny berlanjut? Kita tunggu saja bro!