Olahraga

Akankah Liverpool Bertemu Real Madrid Di Final?

Kemenangan Real Madrid kontra Bayern Muenchen di Allianz Arena, Rabu (25/4/2018) waktu setempat, memperkuat prediksi laga final yang akan mempertemukan Liverpool dan Real Madrid. Kemenangan di markas Bayern Munchen menjadi modal besar bagi Real Madrid untuk lolos ke partai puncak. Los Blancos hanya butuh imbang di Santiago Bernabeu untuk lolos ke final. Hal senada juga dimiliki oleh Liverpool yang lebih dulu melumat AS Roma ketika bertandang ke Anfield, Selasa (24/4/2018) waktu setempat.

Semifinal Liga Champions kali ini memang mengejutkan, bagaimana tidak, AS Roma secara mengejutkan mampu menyingkirkan Barcelona di perempat final. Begitu pula dengan Liverpool yang tak banyak diprediksi, meski dalam performa terbaik namun Liverpool tak masuk radar para pengamat sepak bola. Satu hal yang mungkin perlu di garis bawahi adalah keterwakilan tiap liga dalam semifinal kali ini, di mana baik Italia, Inggris, Jerman dan Spanyol menyumbangkan satu wakilnya untuk berebut laga menuju final. Sebelumnya, biasanya ada dua liga yang mengirimkan dua wakilnya di semifinal, bahkan Inggris pernah mengirimkan 4 klub sekaligus di semifinal yang akhirnya dijuarai oleh Manchester United.

Namun melihat statistik jalannya pertandingan mulai dari fase 16 besar, kemungkinan bagi Bayern Munchen dan AS Roma masih terbuka cukup lebar. Dengan skor 5-2, meskipun kalah setidaknya AS Roma sudah mencuri dua gol di kandang Liverpool, bukan tak mungkin AS Roma mampu menyingkirkan Liverpool seperti menyingkirkan Barcelona secara dramatis. Untuk Bayern Munchen sendiri, kata menang dalam pertandingan di Santiago Bernabeu adalah harga mati, hanya ini yang bisa membalikkan peluang mereka. Dengan kemampuan tim yang di atas rata-rata, masih sangat mungkin bisa dilakukan oleh Munchen.

Kembali ke topik utama, peluang Liverpool dan Real Madrid memang besar untuk bisa melaju ke final. Laga ini pun banyak dinanti masing-masing penggemar karena histori dan aroma balas dendam akan catatan kemenangan. Menurut catatan, Real Madrid dan Liverpool telah 5 kali bertemu sepanjang sejarah. Mereka pertama kali bertemu pada 27 Mei 1981, kala itu Liverpool menggilas Real Madrid 1-0, pada final Piala Eropa, di Parc des Princes. Lalu bertemu kembali 18 tahun kemudian ketika babak 16 besar Liga Champions di mana Real Madrid kalah 0-1 dari Liverpool di leg pertama (25-2-2009), dan kembali menang 4-0 di leg kedua. Pertemuan mereka paling terakhir terjadi pada fase grup Liga Champions 2014, Real Madrid sukses memenangkan dua pertemuan baik kandang maupun tandang dengan skor 0-3 dan 1-0.

Jika dilihat secara keseluruhan, Liverpool menang 3 pertandingan dari lima pertemuan dengan 2 sisanya Real Madrid. Pertemuan Real Madrid vs Liverpool pun akan penuh aroma balas dendam, mengingat kekalahan di parta final pada tahun 1981 belum terbayarkan oleh Real Madrid. Semoga saja mereka bertemu kembali di final nanti.