Gaya Hidup

Aliri Energi ke Seluruh Tubuh dengan ChiRunning

Sobat lanang tentunya tak asing lagi dengan olahraga lari. Olahraga yang murah meriah ini ternyata bisa dikombinasikan dengan teknik tertentu. Teknik ini bisa membuat aktivitas lari kita tetap santai walau dilakukan dalam waktu yang lama dan menempuh jarak yang jauh.

Adalah ChiRunning, sebuah teknik lari yang terinspirasi oleh tai chi, seni bela diri dari negeri Tiongkok yang tujuannya menghasilkan energi hidup--atau chi--mengalir di sekujur tubuh.

Teknik ini dipopulerkan oleh seorang pelari ulung bernama Danny Dreyer yang mulai berlatih beladiri tai chi sejak tahun 1997.

Saat ditemui Lanang Indonesia di Menteng, Jakarta, Jumat (10/2/2017), Danny Dreyer mengatakan jika tekniknya memusatkan perhatian pada proses lari, sehingga tubuh dapat terhindar dari stres. Selain itu teknik ini juga bisa menurunkan risiko cedera dan memperbaiki kecepatan.

chirunning2

Danny saat sharing tentang ChiRunning di Jakarta | Andika Aditia

"Untuk mencapainya, setidaknya Anda menggunakan teknik ChiRunning satu kali dalam seminggu. Tanpa bicara dengan teman atau mendengarkan musik.Fokuslah pada posisi tubuh dan gerakannya. Buat penyesuaian selama Anda lari agar tetap rileks dan bergerak efisien," ucap Danny.

Teknik ChiRunning sendiri memusatkan kita pada proses berlari dengan memperhatikan titik tumpu, kemiringan tubuh dan gaya gravitasi. Kebanyakan orang melakukan lari dengan tumpuan kaki yang kurang baik dimana menjadikan ujung telapak kaki sebagai tumpuannya. 

Danny Dreyer sendiri telah berlari selama 35 tahun dan sudah menyelesaikan 40 ultramarathon. Ia pernah berlari sejauh 160 Km tanpa henti dengan ketinggian 3000 kaki. 

chirunning1

Danny juga membagikan menandatangani buku-bukunya untuk penggemar | Andika Aditia

Lewat hal itu, ia telah menuliskan buku teknik berlari dengan judul ChiRunning pada tahun 2004. Kini ia secara aktif menjadi praktisi olahraga lari di beberapa negara termasuk Indonesia.

Ternyata lari yang begitu mudah pun tak bisa dilakukan sembarangan sobat lanang, ada cara-cara tertentu agar lari kita semakin berkualitas dan menyehatkan. Dan pastinya bukan lari dari kenyataan ya!