Motor-mobil

All New Yamaha R15 Bikin Perang 150cc Makin Panas

Kehadiran All New Yamaha R15 bisa dibilang adalah sebuah jawaban dari Yamaha menanggapi semakin panasnya perang di kelas sport 150cc. Melihat desainnya yang bisa dibilang total untuk sekelas motor sport ringan, Yamaha sepertinya menginginkan kemenangan mutlak di pasar yang kian hari kian seksi ini.

Sponsored Links

Mari kita bahas satu persatu apa saja yang dibawa oleh All New Yamaha R15 ini ke peta peperangan kelas sport 150cc:

Desain

Jelas desain berubah total dibandingkan dengan R15 lama. Mulai dari fairing, tangki, jok, body, panel isntrumen dan knalpot bisa dibilang benar-benar fresh karena tak ada kemiripan dari R15 lama. Lampu utama yang sudah LED dan panel instrumen yang akhirnya full digital membuat All New Yamaha R15 sangat sulit dihajar lawan.

carandbike

Panel instrumen full digital yang besar | Carandbike

Kehadiran peredam kejut depan upside down diyakini akan menjadi daya tarik tersendiri pada minat pasar. Peredam kejut upside down sendiri sebenarnya adalah sebuah ikon untuk motor-motor sport premium, hadir di kelas 150cc? Inilah Indonesia bro.

Mesin

Ada perubahan yang cukup menarik pada mesin All New Yamaha R15, yakni naiknya kapasitas silinder menjadi 155cc di mana sebelumnya hanya 149cc. Selain itu Variable Valve Actuation (VVA) diklaim bisa meningkatkan performa mesin pada putaran tinggi. Menurut pabrikan, mesin ini bisa memuncratkan tenaga hingga 19,3 hp dan torsi 14,7 Nm.

Peta Peperangan

All New Yamaha R15 sudah tentu akan diadu dengan All New CBR150R dan Suzuki GSX150R. Penjualan All New CBR150R yang sudah lebih dulu hadir mungkin akan sangat terganggu ketika All New Yamaha R15 benar-benar membuka inden. Sedangkan untuk Suzuki kemungkinan penjualan GSX150R akan ditopang dari penggemar setia dan pembeli yang menginginkan harga ekonomis.

kolagemotor

Siapakah yang akan lebih juara? | Dok. Lanang Indonesia

Satu-satunya jurus ampuh yang bisa digunakan Honda dan Suzuki untuk menampar Yamaha adalah isu mesin DOHC. Selebihnya, saat ini Yamaha kemungkinan berada di atas angin. Mana yang lebih baik? Wahai pria, tentukan pilihanmu sekarang!