Tekno Otomotif

Android N Akan Punya Aplikasi Virtual Reality

Setelah belum lama Android meluncurkan sistem Marshmallow, kali ini Android kembali mengenalkan sistem terbarunya yakni N. Banyak pihak menduga jika N adalah kepanjangan dari Nutella, lalu apa sajakah kelebihannya.

Informasi terbaru menyebutkan bahwa versi terbaru dari sistem operasi Android itu akan mengusung dukungan virtual reality (VR) bawaan. Hal ini diketahui pertama kali saat preview kedua Android N untuk para developer beberapa waktu lalu. Pada versi preview itu ternyata ada aplikasi yang mengarah pada penggunaan VR dengan nama VR Listener dan VR Helper.

 

Seperti dilansir The Verge, Selasa (19/4/2016), beberapa analis memprediksi jika aplikasi tersebut merupakan fitur yang dapat menonaktifkan mekanisme auto-lock ketika ponsel pintar Anda digunakan dalam mode virtual reality. Android N diprediksi akan hadir dengan beberapa fitur baru yang belum pernah ada, salah satunya fitur serupa Force Touch milik Apple.

 

Dalam beberapa bulan terakhir Google tengah gencar mengembangkan teknologi di bidang virtual reality. Bahkan rencananya Google akan menyediakan perangkat virtual reality sendiri tanpa bantuan PC atau Ponsel pintar.

 

Bukti keseriusan Google terlihat ketika membentuk divisi khusus yang menangani virtual reality pada awal tahun 2016. Saat ini Google menunjuk seorang ahli komputer dan visual, Clay Bavor, untuk memimpin divisi baru tersebut.

ARTIKEL TERKAIT