Terkini

Antara Denmark, Metallica, Jokowi, dan Rencong

Ada yang berbeda dari kunjungan kenegaraan PM Denmark Lars Løkke Rasmussen, di Istana Kepresidenan Bogor, pada 28 November 2017 kemarin. Bukan hanya menjadi kunjungan perdananya di kawasan ASEAN, tapi juga simbolis pemberian cenderamata yang menjadi perhatian.

Pertemuan tersebut memang didasari dengan kerja sama dalam bidang energi, terutama soal waste energy-nya, dan juga electricity untuk kendaraan. Persoalan waste energy, Indonesia sudah membuat 7 kota untuk pilot project di antaranya adalah Jakarta, Surabaya, Medan, Solo, Semarang, Bandung, dan sebagainya.

Terlepas dari pembahasan kerja sama tersebut ada sebuah simbolis yang menarik. Seperti pertemuan kepala Negara pada umumnya, bertukar cenderamata adalah soal biasa terkait misi diplomatik. Tetapi Lars Løkke Rasmussen membuatnya berbeda dengan memberikan Presiden Joko Widodo sebuah Box set album Metallica.

jokowi-denmark3

PM Denmark Lars Løkke Rasmussen memberikan box set deluxe kepada Presiden Joko Widodo | Dok. Biro pers Setneg

Box set Metallica yang dibawakan Rasmussen bukan sembarang box set, tetapi edisi khusus Master of Puppets Deluxe Set. Di dalam box set itu terdapat tiga piringan hitam, digital download code, 10 CD, 2 DVD, 1 kaset dan buku setebal 108 halaman.

Yang lebih mengejutkan lagi adalah sang drummer Metallica Lars Ulrich sengaja menandatangani box set tersebut. Dan kemudian dititipkan kepada PM Denmark Lars Løkke Rasmussen untuk diserahkan pada Presiden Joko Widodo. Tak hanya Jokowi yang semringah, Lars Ulrich pun juga merasakan hal yang sama. Ulrich mengunggah foto penyerahan vinil atau piringan hitam album Master of Puppets dari Rasmussen ke Jokowi, di Instagram-nya. Dalam unggahan itu ia menyebut, musik bisa benar-benar membuat orang lebih dekat.

“Ini sangat keren. Saya menandatangani box set MOP untuk Perdana Menteri Denmark Lars Lokke Rasmussen untuk diberikan pada Presiden Indonesia Joko Widodo, yang diketahui merupakan penggemar berat musik rock dan datang ke konser kami di Jakarta pada 2013,” ucap Ulrich dalam postingannya.

jokowi-denmark2

Drummer Metallica Lars Ulrich memposting box set-nya yang diterima Presiden Joko Widodo | Dok. Pribadi

Ini bukan pertama kali Metallica merayu Jokowi, sebelumnya Jokowi bahkan mendapat hadiah bas yang ditandatangani langsung oleh sang bassis Metallica Robert Trujillo, pada 2013 lalu.

Presiden Joko Widodo pun tak lupa memberikan cenderamata kepada Lars Løkke Rasmussen. Sebilah rencong lengkap bersama dudukannya menjadi pilihan untuk diberikan pada PM Lars. Rencong adalah senjata tradisional milik Suku Aceh. Rencong merupakan simbol identitas diri, keberanian, dan ketangguhan Suku Aceh.