Karier

Apakah Tato Bikin Kita Jadi Pengangguran?

Ketika memilih untuk mentato tubuh, beberapa dari kita mungkin sempat berpikir jika akan kesulitan untuk dapat pekerjaan formal, apalagi di lingkup pemerintahan. Peraturan ini memang masih berlaku sampai sekarang, tapi nyatanya lapangan kerja justru lebih banyak disediakan oleh pihak-pihak swasta yang tak terlalu mengaitkan penampilan fisik dengan kinerja.

Hari ini bahkan tato sudah bisa dianggap sebagai karya yang menarik dalam tubuh seorang pekerja. Seperti kata Chef Rahung, sebuah tato merupakan identitas setiap orang. Ketika melihat seorang pria berkemeja rapi plus dasi dengan lengan tergulung dan tato yang menyembul di kiri kanan lengan, apa yang ada di pikiran kita? That’s cool man.

Tanpa bermaksud mendukung gerakan rajah tubuh massal, tapi apakah masih ada relasinya tato dan premanisme? Premanisme lahir bukan dari tubuh yang dipenuhi tinta, tapi dari perilaku dan sikap kita. Hal ini diamini oleh Abi Dzarr al Ghifari (30 tahun). Engineer di salah satu perusahaan teknologi swasta ini mengakui jika tato pada tubuhnya adalah apresiasi terhadap seni dan budaya.

“Saya mentato tubuh karena memang menyukai aplikasi bentuk gambar ataupun coretan pada tubuh. Mungkin masih ada orang yang mengidentikkan tato dengan kejahatan dan premanisme, tapi dalam konteks seni tato adalah bagian dari budaya juga bukan,” katanya.

Menanggapi soal perusahaan yang menolak seorang karyawan karena urusan tato, dirinya mengaku jengah. Abi mengatakan jika pada dasarnya penampilan tidak akan mempengaruhi keterampilan seseorang dan dalam beberapa kasus dirinya menemukan profesional-profesional kelas atas yang juga memiliki tato.

Pengalaman unik tentang penolakan kerja justru datang bukan dari tato yang ada pada tubuh Abi, tapi dirinya pernah ditolak sebuah perusahaan nasional karena tindikan pada hidung, telinga dan bibir.

Pada akhirnya ketakutan kita akan penolakan perusahaan karena tato di tubuh hanya ilusi. Ketika Anda melamar di perusahaan yang membutuhkan representasi tinggi jelas tak perlu sampai ke tato, wajah yang kurang menarik (baca: kurang cakep) saja akan membuat Anda gugur sebelum wawancara.

Sponsored Links

Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan lingkup gaya Anda karena bukan perusahaan yang membuat kita jadi pengangguran melainkan kebutaan akan pengetahuan.