Gadget

Asus ROG Phone, Ponsel Dengan Spesifikasi Game PC

Beberapa waktu lalu pencinta gadget ramai membicarakan ponsel dengan spesfikiasi yang mumpuni layaknya game pc. Dari sekian banyak perbincangan, tercetuslah jika Asus ROG akan muncul dalam bentuk mobile alias ponsel. Namun berawal dari sekedar rumor, kini Asus secara resmi benar-benar mengeluarkan smartphone gaming. Ponsel gaming tersebut adalah Asus ROG Phone yang siap bersaing.

Sponsored Links

Jika mengulik spesifikasinya, Asus ROG Phone bisa dibilang memiliki perangkat keras yang mumpuni untuk bermain game dalam kualitas yang tinggi. Prosesor Snapdragon 845 dengan kecepatan mencapai 2,96 Ghz. Sematan prosesor tersebut sangat sedikit kemungkinannya untuk membuat ponsel mengalami lag.

Kapasitas RAM yang disematkan sebesar 8 GB dengan ROM sebesar 128 GB. Selain itu tersedia juga varian dengan ROM sebesar 512 GB. Kapasitas memori tersebut tentu akan membuat sobat lanang bisa menyimpan banyak game tanpa khawatir akan sisa ruang memori yang menipis.

Bicara soal ukuran, Asus ROG Phone mengusung Layar AMOLED dengan resolusi 2160x1080 seluas 6 inci. Kelebihannya adalah layarnya telah memiliki angka refresh rate mencapai 90 Hz dengan contrast ratio 10.000:1.

asus_rog_phone_first_look_review_9

Untuk sistem operasi yang digunakan, Asus sedikit memodifikasi ROG Phone agar semakin mumpuni, yakni menggunakan ROG Gaming UI yang berbasis Android Oreo, di mana, biasanya adalah ZEN UI yang digunakan oleh Asus untuk ponselnya. UI alias User Interface yang dimiliki Asus ROG Phone juga disematkan fitur-fitur yang membantu untuk mengetahui temperatur suhu, kontrol kecepatan kipas, kecepatan prosesor hingga mode X.

Asus juga tak lupa menyematkan baterai berkapasitas 4.000 mAh yang sudah memiliki fitur fast charging agar pengguna bisa lebih lama bermain.   Sedangkan untuk sektor kamera, Asus tetap tak menyepelekannya dengan teknologi dual kamera pada kamera utamanya dengan resolusi 12 MP + 8 MP, fitur PDAF (phase detection autofocus), dan LED Flash. Sementara kamera selfie-nya punya resolusi sekitar 8 MP.

Bukan tanpa alasan Asus mengeluarkan ROG Phone, tingginya angka penikmat e-sport serta mulai tumbuhnya produsen smartphone gaming menjadi faktor kuat Asus mengeluarkan ponsel game. Hadirnya Asus ROG Phone tentunya akan disambut dengan antusias, mengingat laptop gaming Asus ROG yang mendulang kesuksesan menurun ke dalam ponsel.

Namung sayang sejauh ini Asus belum bisa memastikan harga untuk ROG Phone. Besar kemungkinan ponsel gaming yang sudah dirilis di Taiwan ini akan dibanderol Rp 10 juta ke atas, mengingat ponsel ini merupakan ponsel flagship ditambah harga kompetitif dari para pesaingnya.

Asus juga menyediakan aksesoris agar penggunanya bisa lebih fleksibel dengan beberapa aksesori tambahan seperti pendingin eksternal, game controller, hingga mobile dock layaknya PC. Tantangan terberat dari Asus ROG Phone adalah dengan menantang pesaingnya yang lebih dulu hadir seperti Xiaomi Black Shark, Razer Phone dan Nubia Red Magic.