Gaya Lanang

Aturan Serius dengan Ikat Pinggang

Belt atau kita Bahasa Indonesia-kan menjadi ikat pinggang, adalah sebuah bagian dari busana yang melingkar pada bagian pinggang. Fungsi utama ikat pinggang adalah untuk menahan celana agar tidak kedodoran. Sederhana bukan? Tapi tahukah kalian jika ternyata hari ini ikat pinggang lebih berfungsi dekoratif daripada teknis.

Penggunaan ikat pinggang tidak selalu memiliki dampak positif, karena pada beberapa setelan outfit penggunaan ikat pinggang justru meruntuhkan style kita. Atau setidaknya membuat kita terlihat bodoh. Berikut ini kami bagikan aturan-aturan global yang harus kalian ikuti dalam penggunaan ikat pinggang!

ikatpinggang

Kulit Strap Senada  dengan Kulit Sepatu

Aturan yang sudah ada sejak zaman dahulu namun masih banyak dipakai hingga hari ini. Ketika kalian menggunakan strap dari bahan kulit, pastikan warnanya matching dengan warna kulit sepatu kalian. Sederhana dan mudah diingat bukan?

ikatpinggang2

Metal Gesper Harus Senada dengan Metal Jam Tangan

Bagian dari aturan kuno juga. Sepaket dengan aturan sebelumnya, warna bahan metal pada gesper (kepala ikat pinggang) diwajibkan senada dengan warna metal jam tangan kalian.

ikatpinggang4

Lupakan Saat Pakai Suit

Apapun alasannya lupakan ikat pinggang saat kalian menggunakan setelan suit. Alasannya sederhana, sebuah suit baik yang tailor-made ataupun beli jadi haruslah fit dengan tubuh kita. Jadi fungsi ikat pinggang sudah gugur di sini.

ikatpinggang3

Ikat Pinggang atau Suspender?

Jangan pernah gunakan suspender dan ikat pinggang bersamaan. Kalian hanya akan terlihat super-super bodoh. Fungsi mereka sama, jadi pilih salah satu ya bro!

ikatpinggang5

Recommended dengan Setelan Kasual

Berbeda dengan setelan suit, saat harus nongkrong dengan setelan kasual penggunaan ikat pinggang bisa menjadi pemanis pada gaya busana kalian. Yang penting patuhi rules pertama dan kedua ya bro!

Itulah beberapa aturan baku yang harus kalian ketahui tentang penggunaan ikat pinggang. Berikutnya kami akan menjelaskan berbagai jenis ikat pinggang yang bisa kalian miliki. Tunggu artikel tentang ikat pinggang selanjutnya ya bro. Keep cool, keep know the rules!