Gaya Hidup

Aura Privat yang Otentik di Arjuna Cafe

Percayakah Anda jika ada kafe yang menyimpan sangat banyak harta karun di Jakarta Selatan? Teddy Lim, Make Up Artist yang juga pemilik Arjuna Cafe, mungkin akan tersenyum jika ada yang tidak percaya. Arjuna Cafe terlihat tampak tak memiliki kesan jika kita sampai di area parkirnya tapi aura mendadak berbalik 180 derajat ketika kita sudah masuk ke dalam.

Dibangun dari bekas rumah tinggal bagi staf-staf kedutaan Rusia di zaman awal kemerdekaan, Arjuna Cafe masih memiliki arsitektur lawas yang khas dengan bata-bata merah tebalnya. Mulai dari kursi, meja, dekorasi hingga ke daun-daun pintu.

Interior Arjuna Cafe | Hari Rahmat Saputra

“Terinspirasi dari perjalanan sejarah bangsa Indonesia saya menggunakan barang-barang di kafe ini yang datang dari era kolonial, cina peranakan hingga furnitur jawa primitif pun ada,” ungkap Teddy.

Tak masalah dengan bentuk luar bangunan yang terasa tertutup Teddy ternyata memang dengan sengaja membuat eksterior bangunan seperti itu. Tim Lanang Indonesia sendiri mengakui jika ketika sudah masuk ke dalam kafe rasa Jakarta benar-benar hilang dalam sekejap.

Iga Bakar Arjuna Cafe | Hari Rahmat Saputra

“Pada awalnya bangunan ini sebenarnya terbuka dan mudah terlihat dari luar, tapi saya sengaja bikin lebih tertutup seperti ini agar ketika sampai di dalam pengunjung bisa mendapatkan suasana privat. Karena yang datang ke sini rata-rata adalah sekelompok eksekutif yang ingin melakukan meeting atau acara-acara khusus,” lanjutnya.

Selain soal arsitektur dan dekorasi, makanan yang disajikan di Arjuna Cafe adalah makanan-makanan yang benar-benar beraroma nostalgia dan hampir semuanya adalah makanan Indonesia.