Film

Avengers: Infinity War, Thanos Dengan Bijaksana yang Berbeda

Hari akhir hampir tiba,   The Avengers dan semua superhero Marvel harus bersatu mengorbankan segalanya untuk mengalahkan Thanos yang begitu kuat sebelum ia berhasil menghancurkan alam semesta. Begitulah singkat cerita yang disajikan oleh trailer Avengers: Infinity War.

Sponsored Links

Lebih dari 20 tokoh superhero Marvel eksis di film ini untuk menghentikan keinginan semu Thanos yang percaya jika untuk menciptakan sebuah surga maka harus menciptakan sebuah neraka. Hasrat mengumpulkan 6 infinity stones, hanya untuk satu hal yang ingin dilakukan Thanos, yakni menghilangkan separuh populasi makhluk alam semesta demi keseimbangan baru dalam galaksi. Karena ego inilah para superhero bertarung untuk menghentikannya.

Sangat wajar film dengan durasi 149 menit ini dinanti banyak orang. Sebanyak 18 film superhero yang disiapkan Marvel sejak tahun 2008 mencapai klimaksnya pada Avengers: Infinity War. Sepanjang cerita mungkin jarang sekali jeda untuk membuat penonton bernafas lega, karena ketegangan yang ditampilkan. Tapi dialog Iron Man beserta yang lainnya akan membuat kita sedikit cair di tengah penantian akhir cerita. Sedikit cuplikan Cameo yang memperlihatkan Stan Lee juga menjadi hiburan tersendiri, kali ini Stan Lee berada di dalam sebuah bus yang memarahi anak-anak remaja karena heboh akan kehadiran kapal pasukan Thanos.

1-1

Iron Man, Spider Man dan anggota Guardian of Galaxy ketika menghadapi Thanos | Dok. Marvel

Beberapa superhero yang diprediksi tamat pun menjadi kenyataan, mereka tewas setelah berhadapan dengan Thanos yang sangat kuat. Tapi bukan tanpa sebab Thanos melakukan hal yang dianggap keji oleh seluruh makhluk semesta ini. Thanos bisa dibilang cukup bijak dalam menyikapi keberlangsungan galaksi beserta isinya, hanya saja dengan sudut pandang yang berbeda dari biasanya. Bagi Thanos, keberlangsungan tersebut hanya bisa dicapai dengan membuat keseimbangan baru. Baginya populasi berlebihan di dalam galaksi hanya akan membawa semesta pada masalah baru.

Jika dilihat secara kontekstual, Thanos cukup bijak, bahkan ini juga yang menjadi alasan ia mengangkat Gamora sebagai putrinya. Meski Gamora membencinya, namun pada nyatanya Thanos menyelamatkannya dari kelaparan dan ancaman antar makhluk karena populasi yang berlebihan. Tetapi tetap saja, cara yang ditempuh Thanos merupakan hal yang mengerikan, bahkan justru bisa mengantarkan semesta pada kehancuran dahsyat.

Lalu bagaiamana superhero lain menghadapinya? Tanpa diduga semua superhero menunjukkan kemampuan terbaiknya. Thor yang tanpa palu dan hanya sebelah mata kembali mendapatkan kepercayaan diri setelah mendapatkan kekuatan baru dan juga penglihatan baru. Begitu juga dengan superhero lainnya seperti Captain America dan kawan-kawan yang mampu menahan laju pasukan Thanos menyerbu Wakanda. Di akhir cerita sepertinya Thanos mendapatkan pencerahan akan arti sebuah kehidupan ketika ia memandang hamparan sawah yang luas dan indah.