Olahraga

Bagaimana Performa Timnas Indonesia Di Asian Games?

Piala Dunia 2018 telah usai, kini saatnya kita beralih dukungan terhadap Timnas U-23 Indonesia yang akan bertarung di Asian Games. Sejak beberapa bulan terakhir kemantapan permainan Timnas U-23 terus diasah oleh Luis Milla. Kemampuan Timnas U-23 bisa dibilang memuaskan meskipun kurang maksimal pada lini depan.

Luis Milla menetapkan 26 pemain terpilih untuk bergabung bersama skuad Garuda, yang akan mempertahankan kehormatan status sebagai tuan rumah Asian Games.

Beberapa nama baru, seperti kiper Borneo FC, Muhammad Ridho; jangkar Persebaya, Nelson Alom; pemain belakang Barito Putera, Dandi Maulana; dan bek sayap Bali United, I Made Andhika Wijaya terdaftar dalam skuad Garuda.

Nama pemain debutan seperti Alberto Goncalves dan Riko Simanjuntak menjadi tumpuan baru dalam menambah daya gedor Timnas U-23. Lalu bintang muda Egy Maulana Vikry dan sayap andalan Persela, Saddil Ramdani siap menjadi sosok yang mengancam bagi lawan.

Dalam beberapa pertandingan uji coba, Timnas U-23 Indonesia terlihat memiliki kemampuan bertahan yang baik, namun sayang, penyelesaian dalam menyerang masih terlihat tak kokoh. Shot on goal yang belum memuaskan, ditambah kerap kehilangan bola menjadi catatan tersendiri bagi Luis Milla untuk mencari cara agar Timnas semakin tak ada celah untuk kalah.

Pertandingan uji coba terakhir melawan Thailand U-23 di Stadion Pakansari, Bogor, membuktikan jika Timnas U-23 masih kurang kokoh dalam membangun serangan ke gawang lawan. Sentuhan yang belum matang dan konsentrasi yang sering terganggu saat menggiring bola membuat Luis Milla sebagai pelatih sedikit cemas, meskipun secara keseluruhan termasuk memuaskan.

Timnas U-23 Indonesia sendiri berada di Grup A, bersama Hong Kong, Laos dan Taiwan. Dari semua lawan tersebut mungkin yang paling harus diwaspadai adalah Timnas U-23 Taiwan. Taiwan sudah dua kali mengalungi medali emas sepak bola Asian Games, yakni pada tahun 1954 dan 1958. Bahkan pada tahun 1958 Taiwan mengalahkan Korsel di final dengan skor 5-2, di Manila, Filipina.

Walaupun prestasi Timnas U-23 Taiwan sudah cukup lama kosong di Asian Games, namun ketangguhan mereka tetap terjaga. Semoga Luis Milla beserta Egy Maulana dkk bisa segera membenahi kekurangan yang ada pada timnas.