Musik

Bahas Proses Kreatif Pembuatan Lagu Dalam BincangShopee

Masih dalam tema menjelang sumpah pemuda, BincangShopee kali ini menghadirkan dua pelaku kreatif dari dunia musik Indonesia, yaitu Kunto Aji dan music director Asiang Games 2018, Ronald Steven. Kehadiran dua musisi tersebut dalam BincangShopee yang bertajuk ‘Inspirasi Nada, Karya Pemuda’ ini membahas tentang proses kreatif dalam penciptaan sebuah lagu.

Dalam proses memasak materi hingga menjadi lagu yang utuh, Kunto Aji maupun Ronald Steven setuju bahwa lagu yang baik tidak melulu bergantung pada alat produksi yang mahal. Proses mencari inspirasi dan ide lebih punya pengaruh besar dalam kesuksesan sebuah lagu.

Keduanya berbagi ilmu dan tips tentang apa saja yang perlu dilakukan untuk menciptakan sebuah lagu. Dalam pengalaman mereka, sebuah lagu yang baik harus dimulai dari riset mendalam tentang tema yang akan dibahas dalam sebuah lagu.

bincangshopee-edisi-sumpah-pemuda---surprise-mini-performance-dari-kunto-aji

Kunto Aji sedang tampil dalam acara BincangShopee | dok. Pribadi

Riset diperlukan agar tema yang dibahas terasa lebih jujur dan lagu pun menjadi cerdas. Memang banyak saat ini lagu-lagu di Indonesia yang diciptakan hanya untuk meraup keuntungan, tanpa peduli terhadap kualitas lagu itu sendiri. Jelas ini merupakan suatu kesalahan yang tak bisa dibiarkan.

Selanjutnya Kunto dan Ronald menyarankan untuk bersabar dan menikmati proses. Dalam penciptaan sebuah lagu dibutuhkan waktu yang tidak sebentar karena pengembangan musik masih bisa dilakukan terhadap sebuah lagu yang diciptakan.

Kunto Aji pun bercerita bahwa album keduanya harus menunggu hingga dua tahun sampai akhirnya Kunto menemukan keyakinan untuk merilis album tersebut. Hal ini dilakukan Kunto Aji agar karya yang diciptakannya bisa terus dikembangkan dan lebih bisa dicerna oleh orang-orang yang mendengarkannya.

Tips yang terakhir menurut Ronald Steven adalah tujuan dari pembuatan lagu itu sendiri. Kualitas sebuah lagu harus menjadi tujuan utama agar sebuah lagu pun tidak terasa hambar dan terkesan memaksa.

bincangshopee-edisi-sumpah-pemuda---penjelasan-mengenai-music-production-oleh-ronald-steven-1

Ronald Steven berbagi pengalamannya dalam proses pembuatan musik | dok. Pribadi

Hal ini juga membantu Ronald untuk belajar dewasa saat harus mengaransemen musik yang berbeda genre dengan yang dia sukai. Namun bagi Ronald, menghasilkan musik yang berkualitas akan memberikan kepuasan tersendiri dan memperkaya pengetahuan musiknya.

Acara BincangShopee dalam menyambut hari sumpah pemuda ini merupakan bentuk semangat dan dukungan Shopee Indonesia dalam mengedukasi dan meningkatkan kreativitas pemuda Indonesia secara menyeluruh.

”Dengan hadirnya Kunto Aji dan Ronald Steven, kami berharap kegiatan ini dapat mewadahi upaya generasi penerus industri musik Indonesia untuk mendapatkan ilmu-ilmu yang mereka butuhkan langsung dari para ahlinya, sehingga mereka tidak perlu ragu untuk terus berkarya,” ujar Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee.

Semoga semangat sumpah pemuda akan terus hidup dalam jiwa kita agar dapat memberikan kontribusi positif bagi Indonesia, khususnya di industri kreatif.