Sukses

Bahasa Ibu Lo, Cara Berpikir Lo

Ibu adalah orang pertama yang dilihat oleh bayi, jadi sadar atau tidak perkembangan bayi sangat dipengaruhi oleh Ibu. Dalam tes wawancara kerja sering tertulis pertanyaan tentang bahasa ibu yang digunakan, lalu apakah bahasa ibu itu.

Bahasa ibu atau mother tongue adalah bahasa asli atau bahasa pertama yang dipelajari oleh seseorang. Biasanya seorang anak belajar dasar-dasar bahasa pertama mereka dari keluarga mereka.

Kepandaian dalam bahasa pertama yang dipelajari seseorang sangat penting untuk proses belajar berikutnya, karena bahasa ibu dianggap sebagai dasar cara berpikir. Kepandaian yang kurang dari bahasa pertama sering membuat proses belajar bahasa lain menjadi sulit. Oleh karena itu, bahasa ibu dianggap penting dalam perkembangan kepandaian seseorang.

Menurut Psikolog, Trihadi Swasono, Pengenalan Informasi dalam bahasa ibu berpengaruh terhadap tingkat emosional yang dapat menentukan bagaimana cara melihat dan menyelesaikan suatu hal dan jadi pembentuk awal pola berpikir.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Prima Yulia Nugraha, Staf Ahli Bahasa salah satu Kementerian, ‘bahasa ibu mengenalkan anak kepada lingkungan dan budaya, jadi tempat anak menyerap esensi budaya sekitar, tidak ada bahasa yang primitif, bahasa dibangun dari kebiasaan dan tradisi begitu juga bahasa ibu’.

Ternyata bahasa ibu punya pengaruh besar untuk Anda kan?