Kesehatan

Bahaya, Jangan Hangatkan Lagi 5 Makanan Ini Saat Sahur

Sahur merupakan salah satu kegiatan wajib sekaligus seru yang ada di bulan Ramadan. Kurangnya waktu atau stok bahan makanan seringkali membuat kita menghangatkan makanan yang tersisa saat makan malam.

Hal ini sah-sah saja, namun ternyata ada beberapa jenis makanan yang jika dihangatkan atau dipanaskan lagi justru bisa menjadi racun dan memberi efek buruk terhadap tubuh. Lalu makanan apa sajakah yang berbahaya tersebut?

Jamur

Selain rasanya yang enak dan bisa diolah dalam banyak bentuk masakan, jamur juga kaya akan dengan protein. Sebaiknya jangan memanaskan ulang makanan yang menggunakan bahan jamur. Kandungan protein akan berubah komposisi dan menyebabkan masalah pencernaan dan kamu juga kehilangan manfaat gizinya.

Bayam

Kandungan zat besi dan serat yang tinggi menjadikan bayam sayur favorit banyak orang. Namun ternyata bayam bisa berubah menjadi racun jika kembali dihangatkan untuk dikonsumsi. Kandungan nitrat dalam bayam akan berubah menjadi nitrit saat dipanaskan dan bersifat karsinogenik yang merupakan zat pemicu kanker.

Ayam

Daging ayam yang merupakan daging paling difavoritkan ternyata bisa berbahaya jika kembali dipanaskan. Daging ayam yang dipanaskan akan mengalami kerusakan struktur proteinnya rusak dan bisa mengganggu pencernaan. Penelitian dari Pusat Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan dan Pusat Teknologi Terapan Kesehatan dan Epidemiologi Klinik mengungkapkan jika; Pemanasan akan membuat protein bahan terdenaturasi sehingga kemampuan mengikat airnya menurun. Proses ini biasanya berlangsung pada kisaran suhu yang sempit. Seperti hal nya saat kita memanaskan ayam, telur dan jamur.

Telur

Telur yang memiliki banyak nutrisi mulai dari vitamin A, kalsium, Vitamin B6 dan B12, fosfor dan tentunya protein yang tinggi. Tetapi proses pemanasan dua kali terhadap telur yang sudah di masak dapat menyebabkan munculnya kandungan racun dalam telur terutama pada bagian kuning telur yang dapat merusak dan mengganggu sistem pencernaan.

Kentang

Kentang banyak mengandung zat besi dan tembag yang sangat baik untuk nutrisi otak. Namun dari hasil penelitian Badan Pengawas Makanan Nasional Swedia dan ilmuwan dari Universitas Stockholm tahun 2002, menemukan jika pembentukan zat akrilamida selama proses pengolahan makanan dan terjadi pada berbagai macam bahan makanan akibat pemanasan pada suhu tinggi terutama makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi seperti kentang goreng.

Itulah beberapa jenis makanan yang tak boleh dipanaskan kembali untuk dikonsumsi. Semoga bermanfaat guys. Menjaga kesehatan selama Ramadan sangatlah penting untuk memperlancarkan puasa kita.