Gaya Hidup

Bahayanya Jika Malas Membersihkan Helm

Sebagai pria yang berkendara dengan sepeda motor pasti helm bukanlah benda asing lagi. Helm merupakan pelindung kepala yang selalu menjadi teman saat berkendara, namun seringkali para pria enggan membersihkannya hanya karena rasa malas.

Lanang Indonesia kali ini akan mengulas betapa pentingnya membersihkan helm. Bukan hanya karena kebersihan semata, namun juga karena potensi kuman yang dapat mengganggu kesehatan kulit kita.

National Athletic Trainers Association (NATA) menyatakan bahwa bakteri Staphylococcus epidermis di sarung tangan dan Staphylococcus Aureus pada helm yang jarang dibersihkan dapat menyebabkan jerawat, bisul bahkan infeksi.

Bakteri tersebut ada dan berkembang karena kuman yang muncul dari keringat dan kelembaban pada helm. Hal ini dikarenakan jarang tersentuhnya helm dengan cairan pembersih.

Mungkin sekilas kita akan merasa biasa dengan kondisi helm yang tak pernah dibersihkan. Tapi untuk sobat lanang ketahui ternyata hal itu dapat memberikan risiko yang tak sebanding dengan rasa malas untuk membersihkannya.

Selain dapat memberikan gangguan pada kulit dan rambut, helm yang jarang dibersihkan juga dapat membuat kepala kita memiliki aroma kurang sedap dan tak nyaman saat digunakan.

Solusi paling mudah adalah dengan rutin membersihkannya. Salah satu cara ampuhnya ialah dengan menyemprotkan cairan anti-septik atau anti-microbial. Dengan begitu, kita akan meminimalisir bakteri, bau, jamur dan kutu pada helm atau pelindung kepala kesayangan kita.

Sebagai pria sejati, membersihkan segala benda yang melekat dengan kita adalah keharusan yang tak bisa ditunda. Selamat mencoba bro, keep healthy!