Terkini

Ballon d’Or, Bola Emas yang Paling Dinanti

Ajang penghargaan FIFA Ballon d’Or 2015 yang digelar pada Senin, 11 Januari 2016 waktu Zurich, Swiss atau Selasa dini hari WIB dihadiri pemain bintang dan pelatih klub sepakbola dari seluruh dunia. Trofi tertinggi dalam olahraga sepakbola ini begitu dinanti oleh para pemain, gengsi dan harga diri dipertaruhkan di Ballon d’Or.

Sponsored Links

Ratusan pelatih, kapten timnas dan wartawan bola telah memilih siapa yang layak menjadi pemenangnya. Memenangi Ballon d’Or akan meningkatkan kasta pemain, mulai dari nilai transfer sampai tercatat dalam sejarah. Lalu siapa yang memboyong trofi itu?

Tiga pemain bintang yang masuk nominasi pemain terbaik dunia adalah Neymar (Barcelona), Christiano Ronaldo (Real Madrid) dan Lionel Messi (Barcelona). Pilihan jatuh pada Lionel Messi, pemain berusia 28 tahun ini kembali berjaya dengan trofi Ballon d’Or kelimanya. Messi yang malam itu mengenakan stelan tuxedo dari Giorgio Armani mengucapkan rasa terima kasihnya yang paling besar pada olah raga bola, olah raga ini telah membuat saya jatuh hati sejak kecil.

Penghargaan Ballon d’Or adalah penghargaan olahraga sepakbola tertinggi di dunia. Penghargaan ini pertama kali diadakan pada 2010 setelah sebelumnya bernama Pemain Terbaik FIFA.

Meski peraih Ballon d’Or adalah pemain terbaik, namun ada beberapa kategori lain seperti Pemain Wanita Terbaik FIFA yang diraih Carli Lloyd (Amerika), Pelatih Terbaik Pria diraih Luis Enrique (Barcelona), Pelatih Terbaik Wanita diraih Jill Ellis (Timnas Amerika Serikat), Puskas Award untuk gol terbaik yang diraih Wendell Lira (Brasil), Pemain Fair Play Terbaik diraih Gerald Asamoah (eks Timnas Jerman).