Gaya Hidup

Batalkan Puasa dengan Takjil Khas Jakarta

Berbuka puasa hampir tak pernah bisa lepas dari yang namanya takjil, sebutan makanan kecil yang khusus untuk membatalkan puasa. Di Jakarta sendiri, pusat kuliner untuk berburu takjil pun bisa ditemukan di beberapa lokasi seperti Benhil dan Kramat yang telah lama dikenal sebagai pusat takjil saat Ramadan.

Mendekati hari ulang tahun Jakarta maka tak ada salahnya kita coba lebih mengenal makanan khas ibu kota toh!

Es Selendang Mayang

Manis dan segar merupakan gambaran betapa nikmatnya es selendang mayang sebagai takjil. Minuman yang sering disebut sebagai minuman Betawi Jadul ini sangat cocok untuk menemani waktu berbuka kita. Meski agak sulit ditemui, namun kita masih bisa mendapatkannya di beberapa tempat seperti kawasan kota Tua, Petak Sembilan dan Kemayoran.

Bahan yang digunakan dalam es selendang mayang ini sebenarnya cukup sederhana, yakni hanya perpaduan dari kuah santan, gula dan potongan selendang mayang yang terbuat dari sagu, tepung beras atau tepung hunkwe yang sudah mulai jarang diproduksi.

Bir Pletok

Mungkin jika berbuka dengan bir puasa kita akan kurang afdol, namun tidak untuk bir yang satu ini. Bir khas Jakarta ini tidak mengandung alkohol sama sekali, bahkan berkhasiat untuk meningkatkan stamina dan menghangatkan tubuh. Namanya bir tapi ternyata isinya adalah rebusan jahe, kayu manis, secang dan rempah-rempah.

Kue Cucur

Bertekstur agak lembut dengan rasa yang manis dan gurih membuat kue cucur sangat nikmat untuk disantap saat berbuka. Tak hanya rasa, warnanya yang kecokelatan dan bentuknya yang mengerucut juga menjadi ciri khas kue dari perpaduan tepung beras dan gula merah ini. Mungkin hari ini kita agak melupakannya, tapi kue ini pasti salah satu favorit kita saat kecil.

Pacar Cina

Entah bagaimana awalnya sehingga diberi nama tersebut, namun jika melihat makanannya maka tak akan ada kaitannya sama sekali. Pacar Cina itu sendiri merupakan jajanan mirip kolak namun dari bahan yang berbeda. Manisnya kuah santan semakin menarik karena dihiasi oleh rebusan sagu yang mengenyal dengan warna-warninya. Pacar Cina merupakan satu-satunya makanan khas Jakarta yang masih sangat mudah ditemukan.

Ketan Susu

Jika mendengar nama ketan susu maka nama Kemayoran lah yang paling dikenal sebagai produsen ketan susu terenak di Jakarta. Bagi yang belum terbiasa mungkin akan merasa aneh saat mendapati jika ternyata ketan susu secara lengkapnya harus dipadukan dengan gorengan seperti tempe dan pisang goreng.