Tekno Otomotif

Beli Motor Bekas di Dunia Maya? Baca Ini Dulu!

Apa yang tidak ada di dunia maya sekarang ini? Mulai dari dodol garut sampai pulau juga dijual secara online. Begitu pula dengan dunia otomotif. Membeli motor bekas yang dulu hanya bisa dilakukan lewat mulut ke mulut atau mendatangi penjual motor bekas, hari ini kita bisa berselancar dengan bebas di dunia maya dan belanja mata tentang motor idaman.

Trik apa saja yang harus Anda ketahui sebelum benar-benar menemukan motor bekas yang Anda cari.

Foto Menipu

Berhati-hatilah dengan foto di iklan-iklan online. Tak semua yang Anda lihat di foto sama benar dengan apa yang akan dilihat di dunia nyata. Sering kali efek cahaya membuat motor yang ada dalam foto terlihat lebih berkilau tapi ternyata pas disambangi warnanya sudah luntur. Tanyakan kepada si penjual dan tak perlu sungkan meminta foto lain melalui ponsel agar mendapatkan hasil gambar yang tidak berlebihan.

Baca Informasi

Semakin ke sini pembeli semakin pintar, maka banyak penjual yang tak mau banyak menjelaskan pertanyaan-pertanyaan pembeli saat bertemu. Maka bacalah informasi yang disediakan oleh penjual di iklannya. Anda bisa mendapat bayangan seperti apa kurang lebihnya kondisi motor.

Orang Ketiga

Pendapat orang ketiga merupakan salah satu hal penting sebelum memutuskan. Pilihlah setidaknya teman yang paham dengan dunia motor. Mereka lebih paham dan akan memberikan masukan yang mungkin saja tidak terpikirkan oleh Anda. Orang ketiga ini juga wajib dibawa saat melihat langsung motor ya.

Hindari Kredit

Jika tidak terpaksa-terpaksa sekali kalau bisa hindari membeli motor bekas dengan cara kredit. Anda mendapatkan barang yang jelas sudah tidak baru, lebih baik kumpulkan dana sampai cukup dan cari motor dengan harga yang sesuai dompet. Beberapa pemula mungkin ingin naik kelas ke cc besar, jika Anda masuk kategori ini bolehlah membeli kredit mengingat motor dengan cc di atas 500 tidaklah murah walaupun bekas.

Tawar Menawar

Banyak tempat iklan motor bekas yang sudah menyediakan penanda sebuah motor bisa ditawar atau tidak. Pastikan jangan pernah menawar harga sebuah motor yang jelas-jelas terpasang dengan harga bersih atau no nego. Jika Anda menjual motor dengan harga bersih tentu kesal mendengar orang yang menawar harga Anda. Jadi terima saja jika penjual tak mengacuhkan tawaran kita.