Traveling

Packing Wajib Traveling Musim Dingin

Pernah mendengar cerita turis yang dicopet saat berlibur? Banyak. Selain mungkin memang sudah takdir, tapi sebenarnya salah satu cara untuk ‘menghalangi’ warga setempat nakal dengan turis adalah dengan mempelajari cara berbusana di negara tersebut. Dress locally harus menjadi prinsip setiap pria yang ingin berlibur. 

Nah, sebentar lagi akhir tahun. Bagi Anda yang sudah punya rencana untuk liburan ke negara musim dingin, pastikan busana yang Anda bawa tidak saltum (salah kostum). Pelajari dahulu suhu dan gaya berbusana di negara tujuan, bro. Seberapa dingin? Apakah hujan atau salju?

Sponsored Links

Di musim dingin, Anda tak hanya harus berkompromi dengan suhu namun juga dengan angin kencang. Intinya, pakaian harus tetap nyaman, tapi tidak salah untuk 'berbaur' dengan warga setempat lewat busana. Karena inti dari traveling juga untuk berinteraksi dengan warga setempat. 

Berikut benda fesyen pilihan Lanang Indonesia khusus untuk traveling ke negara dengan suhu 2-10 derajat Celcius tanpa salju.

THERMAL UNDERWEAR

Celana dalaman panjang alias long john sekarang sudah dimodifikasi. Biasanya hanya berbahan wool namun sekarang ada teknologi heat-tech yang dipercaya bisa membuat tubuh kita menjadi hangat di udara dingin. Bawa yang untuk atasan dan celananya.  

long-underwear

DOWN JACKET

Adalah jaket hangat yang bagian dalam materialnya di’isi’ oleh bulu angsa halus (goose), dan bagian luarnya biasanya berasal dari nylon atau polyester. Bulu halusnya biasanya diambil dari bagian dada dan sayap angsa. Down, merupakan material yang menyediakan insulator yang membuat jaket ini manjadi hangat sehingga menahan suhu panas di dalam jaket.

Biasanya jaket waterproof ini dipakai di musim dingin untuk aktifitas olahraga outdoor serta dapat menahan angin, namun sekarang banyak model dan pilihan warnanya sehingga lebih stylish untuk sehari-hari. Pilih yang berdetil hood sehingga apabila hujan Anda tidak perlu bawa payung. Down jacket juga praktis untuk di packed di koper karena ringan, bisa dilipat-lipat.

jacket

 

SEPATU TAHAN AIR

Bila destinasi Anda adalah Eropa, cuaca dingin biasanya didampingi oleh hujan. Sehingga apabila Anda banyak berjalan kaki, sepatu harus menjadi prioritas untuk diperhatikan. Bawa boots dengan bagian sol yang agak tebal, seperti hiking atau military boots.

Memang, tampilan keseluruhan bisa terlihat agak kurang keren, oleh sebab itu pilih yang berwarna marun atau coklat tua dan perhatikan padanan jaket dan celananya. Percaya deh, jangan main-main dengan sepatu. Anda tidak akan bisa kemana-mana apabila bagian kaki basah. 

boots

KAOS KAKI

Sepatu boot sendiri tidak dapat menahan dingin. Kaos kaki lah yang bisa menghangatkan jari kaki. Pilih yang berbahan wool dan yang cepat kering. Untuk dua minggu perjalanan, tak perlu setiap hari ganti kaos kaki. Cukup bawa 5 pasang. 

socks

TOPI

Kupluk alias beanie hat, merupakan pilihan standard yang tepat. Pilih yang berbahan wool dan fleece, berwarna coklat tua atau abu-abu. Sementara trooper hat  (topi dengan tambahan material bulu, yang dirancang panjang sehingga menutupi telinga) sebaiknya dibawa untuk traveling ke kota bersalju. Apabila Anda penggemar baseball cap, bisa juga dibawa asal materialnya wool

beanie

SARUNG TANGAN

Wajah dan telapak tangan merupakan dua bagian tubuh yang paling cepat terasa dingin terutama bila angin kencang menerpa. Pilih yang berbahan kulit dengan lining bagian dalam berbahan wool atau cashmere. Berita baiknya, sarung tangan kini ada yang dirancang bersahabat dengan touchscreen! Bagaimanapun juga, foto demi kepentingan sosmed diperlukan untuk sanak keluarga di tanah air. 

winter-gloves-620x424