Karier

Bertahan di Lingkungan Pegawai Negeri

Jika dahulu menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) sering disebut sebagai pekerjaan kontrak mati karena tak adanya kebijakan pemecatan. Namun cerita akan segera berubah karena pemerintah sedang menyiapkan regulasi untuk melakukan pemecatan atas kinerja buruk para PNS.

Dengan regulasi ini dipastikan banyak PNS yang deg-degan pemecatan yang nantinya akan diperhalus namanya dengan sebutan pensiun dini. Lalu bagaimana nasib kalian yang baru menjadi PNS atau bahkan masih calon PNS?

Take it simple bro, langkah pemerintah ini hanya untuk meningkatkan performa institusi dalam negeri yang sering dikritik masyarakat, maka berubahlah sekarang. Berikut ini langkah-langkah untuk tetap kompetitif selama menjadi PNS.

Kompetensi

Dengan kualitas kompetensi yang bagus maka kita tak perlu khawatir akan nilai jelek. Bekerja secara total tak akan pernah ada salahnya, karena selain untuk diri sendiri kita juga membantu banyak orang dengan menjadi abdi negara.

Produktif

Anggaplah menjadi PNS sama seperti pegawai swasta di mana umur pekerjaan ditentukan dengan produktivitas kita. Selain menguntungkan diri sendiri, menjaga produktivitas juga akan sangat menguntungkan negara.

Bekerjalah dengan efisien dan efektif, agar semua pekerjaan selesai dengan cepat dan pulang bisa tepat waktu, bukan sebaliknya.

Terbuka

Anggaplah publik sebagai sarana untuk memperbaiki kinerja diri sendiri. Mungkin tak semua bidang pekerjaan PNS bersentuhan langsung dengan masyarakat, namun hasilnya akan langsung dirasakan oleh masyarakat. Maka dari itu bersikap terbukalah, terlebih jika ada kritik dan saran, semua itu pasti bertujuan untuk membangun.

Integritas

Menjaga kepercayaan orang banyak dan menggunakan semua fasilitas negara sesuai kapasitasnya. Yang terpenting adalah semua ini kita lakukan tak hanya karena sebatas pada penilaian kinerja, tapi juga karena panggilan dari hati dan tuntutan kompetensi.

Tak ada yang salah jika ingin menjadi PNS, yang salah adalah jika menjadi PNS tanpa mau menerima beban kerjanya. Sekali lagi, jangan pernah buat kemudahan menjadi suatu kemalasan. Sebaliknya buatlah kemudahan itu menjadi sarana untuk perubahan. Selamat datang di dunia kami wahai kawan-kawan pegawai negeri!