Terkini

BIDAF, Penggerak Revolusi Seni Digital

Memasuki abad ke-21 perkembangan teknologi digital semakin kompetitif, hampir semua lini kehidupan telah disusupi oleh era digital tak terkecuali seni. Dengan kelebihan itu semua, keterbukaan lintas negara pun semakin deras. Tak heran jika akhir-akhir ini Asia Tenggara menjadi sorotan berkat perkembangan seni digitalnya yang kreatif dan inovatif.

Beberapa tokoh ekonomi bahkan meramalkan jika pada tahun 2025 ASEAN akan menjadi salah satu dari 5 besar wilayah ekonomi digital di dunia. Tiga faktor yang memungkinkan hal ini adalah besarnya populasi generasi muda (40%), pertumbuhan ekonomi yang tajam dan pertemuan antara pelbagai inovasi di bidang teknologi.

Dengan melihat peluang emas tersebut Pemerintah Provinsi Jawa Barat berinisiatif untuk mulai menggerakkan naluri kreativitas generasi muda Jawa Barat melalui sebuah festival bernama Bandung International Digital Arts Festival atau BIDAF.

Sejak dari pertama kali diadakan pada 2013, BIDAF sudah menekankan programnya tidak hanya pada aspek pencapaian kreativitas para seniman digital, akan tetapi juga aspek pendidikan seni digital itu sendiri. Pada tahun yang ke 3 ini BIDAF secara khusus menyajikan sebuah pameran pendidikan seni digital yang akan diikuti oleh pelbagai lembaga pendidikan tinggi di dalam maupun luar negeri untuk membuka kesempatan bagi generasi muda agar mengenal langsung program-program seni digital yang di tawarkan oleh perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri.

Acara yang akan digelar pada 15-17 Juli 2016 ini akan menampilkan banyak partisipasi dari para seniman digital dunia lewat karya dan pertunjukkannya. Beberapa partisipasi tersebut adalah, pertunjukkan seni inter media berjudul “Ghost Komungo” yang dihasilkan oleh kerja sama komponis musik tradisional (komungo) Korea, Jin Hi Kim dengan senirupawan digital dari Amerika, Benton Bainbridge, yang menarik di sini adalah “Ghost Komungo” ternyata diilhami oleh kunjungan mereka ke Indonesia.

Berlokasi di Bandung Convention Center, BIDAF juga memiliki rangkaian yang sangat luas meliputi kegiatan seperti pameran, pertunjukkan, seminar, workshop, demo dan expo pendidikan serta produk teknologi seni digital yang paling baru. Selamat menikmati perkembangan seni digital dunia di abad ke 21.