Seni

Bintaro Design District 2018, Membangun Distrik Kreatif Dunia

Sebagai salah satu kawasan dengan perkembangan infrastruktur yang cukup pesat, Bintaro tumbuh menjadi suatu distrik yang dihuni oleh banyaknya pelaku industri kreatif dari segala bidang. Perkembangan industri kreatif di kawasan ini pun semakin beragam seiring dengan banyaknya instansi kreatif yang bermukim di Bintaro.

Berdasarkan data tersebut, tercetuslah sebuah acara Bintaro Design District 2018 yang berlangsung mulai tanggal 11 – 20 Oktober 2018 di sekitaran kawasan Bintaro. Acara ini merupakan bentuk upaya para penggiat industri kreatif untuk menjadikan Bintaro sebagai suatu kawasan distrik kreatif kelas dunia.

img_9592

Konferensi pers Bintaro Design District 2018 | Kemas Fauzan

Acara Bintaro Design District 2018 ini pun melibatkan sekitar 72 arsitek serta tersebar di 47 venue di kawasan Bintaro dan sekitarnya. Serangkaian kegiatan dalam acara ini pun cukup beragam, seperti open studio, kunjungan ke beberapa proyek yang sedang ditangani oleh arsitek dan desainer, pameran instalasi dan karya, artist talk, serta workshop desain.

img_9596

Rumah karya arsitek Budi Pradono | Kemas Fauzan

img_9601

Rumah karya arsitek Budi Pradono | Kemas Fauzan

img_9609

Rumah karya arsitek Budi Pradono | Kemas Fauzan

img_9613

Rumah karya arsitek Budi Pradono | Kemas Fauzan

Pembukaan acara yang berlangsung pada Rabu (11/10/2018) di Kopi Manyar Bintaro ini dihadiri oleh sejumlah pelaku kreatif dari berbagai bidang, kurator acara, pengunjung serta rekan-rekan media. Dipilihnya kawasan Bintaro pun dikarenakan banyaknya potensi kreatif yang ada di kawasan Bintaro itu sendiri.

“Acara ini merupakan suatu kesadaran bahwan kawasan Bintaro ini punya potensi untuk menjadi distrik kreatif kelas dunia,” ujar Budi Pradono, arsitek serta kurator BDD 2018 saat konferensi pers berlangsung.

img_9636

Desain ruang Dedato Studio | Kemas Fauzan

img_9637

Karya yang dipamerkan di Dedato Studio | Kemas Fauzan

Acara seperti ini pun merupakan yang pertama kali diadakan di Indonesia. Kawasan Bintaro yang dianggap memiliki potensi pun disulap dan dipercantik dengan beberapa karya instalasi yang dipajang di beberapa ruang publik.

“Pameran desain ruang harus dimulai dari bawah dan kami mengawalinya di Bintaro. Harapannya agar BDD 2018 ini bisa menjadi contoh untuk acara pameran ruang lainnya, serta menjadikan Bintaro sebagai distrik kreatif yang berstandar internasional,” lanjut Budi Pradono.

img_9630

Instalasi ruang karya Handoko Hendroyono di Sektor 9 Bintaro | Kemas Fauzan

img_9652

Instalasi dari bambu di Taman Menteng, Sektor 7 Bintaro | Kemas Fauzan

img_9656

Instalasi ruang di Taman Menteng, Sektor 7 Bintaro | Kemas Fauzan

Sponsored Links

Setelah konferensi pers usai, rekan-rekan media yang hadir pun diajak berkeliling mengunjungi studio desain serta karya instalasi yang tersebar di beberapa titik di Bintaro. Mulai dari mengunjungi rumah karya serta studio milik Budi Pradono, studio desain Dedato, serta melihat karya instalasi yang terpajang di Taman Menteng, Sektor 7 Bintaro.

Seluruh karya serta venue acara yang tersebar di Bintaro ini pun sangat artistik dan sayang untuk dilewatkan begitu saja. Jadi, luangkan waktu kalian untuk datang ke Bintaro Design District 2018 ya, bro.