Gadget

Blackberry Motion, Wajah Baru Pemain Lama

Pemain ponsel pintar Blackberry kembali menyapa pencinta gadget lewat produk terbarunya, yakni Blackberry Motion. Secara branding mungkin Blackberry tak perlu banyak berbenah karena ia telah dikenal luas, namun bagaimana dengan sematan teknologinya?

Peluncuran Blackberry Motion memang tak seperti iPhone 8 dan Samsung Galaxy Note 8 yang mencuri perhatian banyak orang. Tapi sepertinya hadirnya Blackberry Motion bisa dikatakan sebagai bentuk perlawanan baru ponsel besutan TCL ini yang sempat meredup.

Sponsored Links

Ponsel ini menjadi ponsel BlackBerry pertama yang mengantongi sertifikat IP67 yang berarti memiliki ketahanan terhadap air dan debu. Dibandingkan BlackBerry KeyONE, BlackBerry Motion hadir dengan desain bodi all touch alias layar sentuh. Blackberry sebenarnya sudah pernah mengeluarkan produk dengan layar sentuh penuh, yakni Blackberry Storm, namun saat itu tren layar sentuh belum begitu tinggi.

Lalu bagaimana jeroan ponsel ini, mari kita kupas. Memiliki layar seluas 5 inci, Blackberry Motion mengusung RAM 4GB dan ROM 32GB dengan prosesor Snapdragon 625. Daya baterai pada ponsel ini juga lebih besar dari KeyONE yakni sebesar 4.000 mAh.

blackberry-motion2

Kamera Blackberry Motion dengan dua lampu flash | Dok. Blackberry

Baterai tersebut juga dilengkapi dengan fitur Quick Charge 3.0 di mana dapat mengisi daya 50 persen dalam waktu 40 menit. Untuk fitur keamanan, Blackberry Motion menyematkan pemindai sidik jari yang terletak pada tombol home berlogo Blackberry.

Selain pemindai sidik jari, Blackberry juga menyematkan fitur locker untuk keamanan dokumen milik pengguna melalui verifikasi PIN atau sidik jari.

Bicara soal kamera, ponsel ini memiliki resolusi 12 MP lengkap dengan lampu flashnya. Bicara kemampuan sepertinya Blackberry Motion belum seapik kamer iPhone, Samsung dan Google Pixel.

Sistem operasinya sendiri masih menggunakan Android 7.0 Nougat, tapi dapat diperbaharui ke Android 8.0 Oreo pada tahun depan. Untuk urusan harga, ponsel pintar ini dibanderol Rp 6,3 juta dan baru hadir di Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Bagaimana menurut kalian, sanggupkah Blackberry menyalip para pemain ponsel lainnya yang sudah berkali-kali mencuri start?