Terkini

Cara Asyik Menatap Gerhana Matahari Total

Jika semua sesuai rencana gerhana matahari total akan bisa dilihat di 12 provinsi Indonesia pada 9 Maret 2016 esok. Fenomena alam ini akan terjadi di Samudra Hindia dan berakhir di Lautan Pasifik dekat Hawaii. Menariknya lagi Indonesia menjadi satu-satunya negara yang dapat menikmati gerhana matahari total di wilayah daratan.

Namun gerhana matahari akan berbahaya kalau dilihat hanya dengan “mata telanjang”. Pasalnya, sinar UV B yang langsung mengarah ke mata bisa membuat indra penglihatan rusak. Lalu bagaimanakah cara aman menikmati fenomena ini?

 

Selfie

Meski tak melihat secara langsung namun berfoto selfie saat gerhana bisa menjadi cara asyik dan jadi foto dengan momen terbaik. Namun kualitas hasilnya tergantung pada kemampuan kamera masing-masing. Tapi ingat, posisi selfie harus membelakangi matahari.

 

Proyeksi Lubang Jarum dan Refleksi

Membuat proyeksi lubang jarum bisa jadi cara paling aman dengan peralatan sederhana, yakni dengan dua kertas HVS lalu lubangi salah satunya dengan jarum. Kemudian letakkan sejajar, satu menghadap Matahari dan Anda akan melihat pantulan matahari di bagian kertas yang lainnya.

Selain itu, bisa juga dengan melihatnya melalui pantulan atau refleksi dari air yang ditaruh dalam wadah.

 

Kacamata Khusus dan Film

Kacamata khusus yang dapat mereduksi cahaya sampai 100.000 sangat disarankan untuk melihat gerhana matahari karena tingkat keamanannya yang baik untuk mata.

Sponsored Links

Klise film, bekas foto rontgen serta bagian dalam disket juga bisa digunakan untuk melihat gerhana. Namun perlu diingat, alat-alat tersebut hanya dapat digunakan untuk melihat gerhana dengan waktu yang singkat.

 

Fenomena alam yang langka dan menarik akan menjadi sia-sia jika tak dipersiapkan dengan baik. Satu hal lagi yang harus diperhatikan adalah tempat yang lapang saat menikmati gerhana seperti pantai atau lapangan agar tak terhalang bangunan sekitar.