Keuangan

Cara Mengatur Keuangan Saat Gajian

Saat menerima gaji, terkadang seseorang lupa mengatur keperluannya untuk satu bulan ke depan. Hal ini kadang menjadi masalah keuangan yang sering dialami oleh banyak orang.

Mengatur keuangan saat gajian masih menjadi masalah yang sering muncul. Perlu strategi khusus dan jitu untuk bisa menekan pengeluaran agar tidak habis di tengah jalan. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mengatur keuangan saat gajian.

 

Metode 50/30/20

uang-1

Ilustrasi | Istimewa

Metode ini membantu kalian untuk membagi pemasukan yang didapat ke dalam persentase prioritas. Misalnya kalian bisa menggunakan 50% dari gaji kalian untuk kebutuhan yang paling umum selama satu bulan, seperti makan, transportasi, listrik, dan lain sebagainya.

Sementara 30% bisa dipergunakan untuk kebutuhan yang tidak terlalu mendesak serta keinginan kalian. Seperti paket internet, pulsa, barang-barang yang ingin kalian beli, atau untuk pergi hangout bersama orang-orang terdekat.

20% sisanya bisa dipergunakan untuk menabung atau kebutuhan tak terduga yang sering muncul secara tiba-tiba. Namun besaran jumlah persentase nya bisa kalian tentukan sendiri sesuai dengan pemasukan dan kebutuhan kalian ya.

 

Metode 50 : 50

uang-2

Ilustrasi | Istimewa

Metode yang satu ini lebih sederhana. Kalian hanya perlu membagi sama rata pendapatan kalian untuk dua kategori kebutuhan. Sebagian untuk pengeluaran permanen yang di dalamnya mencakup kebutuhan dasar setiap bulan, dan sisanya untuk kebutuhan lain seperti menabung, hangout, nonton, sampai traveling .

 

Membuat Rencana Anggaran

uang-3

Ilustrasi | Istimewa

Cara yang satu ini pun cukup mudah untuk dilakukan. Kalian hanya perlu membuat rincian pengeluaran primer selama satu bulan seperti makan, transportasi, paket internet, listrik, dan tentukan juga besaran pengeluaran untuk memenuhi keinginan kalian.

Setelah sudah terinci secara detail, jumlahkan seluruhnya dan pastikan hasilnya tidak lebih besar dari pemasukan yang kalian dapatkan. Hal ini bertujuan agar kalian masih memiliki sisa uang untuk menabung serta biaya tak terduga lainnya.

 

Buat Anggaran Mingguan

uang-head

Ilustrasi | Istimewa

Sisihkan uang kalian untuk memenuhi kebutuhan selama satu pekan lalu simpan sisanya di tempat yang aman. Lakukan hal yang sama untuk minggu berikutnya dalam bulan yang bersangkutan. Cukup mudah kan?

Cara ini dilakukan untuk menekan pengeluaran yang tidak perlu sehingga gaji kalian tetap sesuai seperti rencana. Kalian juga bisa gunakan sisa uang dari setiap minggunya untuk menabung.

Sponsored Links

Jangan sampai hasil jerih payah kalian selama bekerja hangus begitu saja bahkan untuk pengeluaran yang tak penting. Semoga bermanfaat, bro.