Items

Cara Merawat Jeans Agar Tahan Lama

Sebagai pria, memiliki beberapa jenis jeans untuk dikenakan merupakan suatu kewajiban. Penggunaannya pun harus dilakukan dengan benar agar jeans tersebut awet dan tahan lama.

Tapi kebanyakan pria justru cuek dan sering mengabaikan soal perawatan jeans tersebut, sehingga jeans jadi cepat rusak dan tak bisa digunakan lagi.

Nah, agar jeans yang kalian miliki itu awet dan tidak cepat rusak, coba ikuti cara-cara beikut ini yuk.

 

1. Ikuti Petunjuk Perawatan

jeans-1

Setiap jeans selalu tertera cara perawatannya di label bagian dalam | Istimewa

Setiap jenis jeans memiliki tata cara perawatan yang berbeda. Dan kebanyakan orang tidak sadar bahwa ada petunjuk perawatan pada label bagian dalam jeans kalian.

Setiap produk jeans biasanya mencantumkan detail bahan serta tingkat ketebalan dari jeans tersebut. Sehingga petunjuk perawatan pun dicantumkan pada label bagian dalam agar perawatannya sesuai dengan jenis jeans itu sendiri.

 

2. Jangan Terlalu Sering Mencuci Jeans

jeans-2

Sering mencuci jeans akan memperpendek usia jeans tersebut | Istimewa

Bahan jeans mampu merekam pengalaman si pemakainya. Misalnya, semakin lama jeans akan mengikuti kontur lekuk tubuh kalian dan juga membentuk cetakan dompet, ponsel, atau benda lainnya yang sering masuk ke dalam saku jeans kalian.

Terlalu sering mencuci menyebabkan bahan jeans tersebut menjadi cepat tipis. Sehingga bentuk jeans pun menjadi tidak sesuai dengan si pemakainya dan tidak nyaman untuk dikenakan.

Sponsored Links

Kalian bisa mencuci jeans setiap enam bulan sekali agar bahan jeans tersebut awet dan tahan lama. Untuk menghindari jeans tersebut dari kotor atau bau tak sedap, kalian bisa membungkus jeans dengan plastik kemudian letakan jeans tersebut ke dalam freezer.

 

3. Dilarang Menyikat Jeans

jeans-3

Menyikatnya hanya akan merusak bahan jeans tersebut | Istimewa

Meskipun jeans memiliki bahan yang tebal, tetapi jeans juga rentan terhadap gesekan kasar atau semacamnya. Jadi jangan pernah menyikat jeans tersebut saat mencucinya. Cukup menggilas lembut dengan tangan agar jeans tidak rusak.

 

4. Jangan Terlalu Sering Terpapar Matahari

jeans-4

Menjemur jeans di tempat yang terkena sinar matahari langsung adalah kesalahan | Istimewa

Saat menjemur jeans, jangan meletakannya di tempat yang langsung terkena paparan sinar matahari. Hal ini akan membuat warna jeans cepat memudar dan usang.

Lalu bagaimana jika ingin menggunakannya di siang hari? Tentu ini menjadi masalah besar bagi kalian yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan saat siang hari. Setidaknya sempatkanlah untuk masuk ke tempat yang teduh dan tak terkena sinar matahari agar warna jeans tersebut tetap awet dan tahan lama.

 

5. Jangan Dilipat

jeans-5

Menggantung jeans dengan hanger adalah cara yang tepat untuk menyimpannya | Istimewa

Saat menyimpan jeans di dalam lemari, jangan pernah melipat jeans tersebut. Gantungkan jeans tersebut menggunakan hanger untuk menjaga bentuk aslinya.

Melipat celana jeans akan meninggalkan bekas kerutan dan merusak bentuknya. Tentu memakainya pun menjadi tidak nyaman bila terlalu banyak kerutan pada jeans tersebut

 

Itulah beberapa tips yang sering diabaikan oleh kebanyakan orang. Kalian bisa mengikuti cara-cara tersebut agar jeans lebih awet dan bertahan dalam waktu yang lama.

Namun semua kembali lagi pada si pemakainya. Ada orang yang justru lebih nyaman mengenakan jeans pudar dan terlihat usang. Sesuaikan dengan selera kalian ya!