Gaya Hidup

Cara Sederhana Jadi 'Fotografer Profesional'

Untuk menjadi seorang fotografer profesional mungkin kita membutuhkan banyak mentor dan jam terbang. Hari ini jelas minat kaum muda di Indonesia pada dunia fotografi meningkat tajam dibandingkan pada era 90-an.

Lupakan soal skill atau materi untuk menjadi fotografer profesional. Keahlian untuk benar-benar bisa menjadi fotografer profesional mungkin tak bisa diraih dalam waktu singkat maka dari itu dalam artikel ini kami ingin lebih menyentuh sisi gaya personal kalian agar terlihat lebih seperti ‘fotografer profesional.’

Super Outdoor Outfit

Menjadi fotografer bisa diwakilkan oleh gaya berpakaian kita. Gunakan outfit kasual yang lebih mengakomodasi kegiatan luar lapangan seperti sepatu boot, celana jeans dan kaos katun. Pemanis seperti kacamata, topi atau scarf akan meningkatkan aura fashion tanpa mengganggu tema outdoor kalian.

outfit

Outfit pas untuk keliatan seperti fotografer | Dok. Lanang Indonesia

Gunakan Lens Hood Kapanpun

Lens hood berfungsi mengantisipasi cahaya-cahaya liar, tapi ternyata penggunaannya mempengaruhi ketampanan sang kamera itu sendiri. Maka jangan pernah lepaskan lens hood ini ke manapun kalian akan in action.

lenshood

Lens hood biar seperti pro | Tamron

Pakai Kamera Spek High End

Agak terkait dengan persoalan dompet. Kamera DSLR entry level tentunya akan membuat kita terlihat seperti amatir, maka menggunakan kamera high end dengan body yang besar tentunya akan memberikan kesan profesional pada gaya kita. Pilihan ini membutuhkan perhitungan serius karena jarak harga antara kamera entry level dengan yang khusus pro bisa mencapai puluhan juta rupiah.

highend

Biar gaya pakai yang super mahal | Hasselblad

Pakai Asisten

Langkah yang satu ini mungkin sudah mendekati arah psikopat, tapi ya mau bagaimanapun diikuti oleh seorang asisten saat sedang hunting foto akan membuat kita terlihat seperti seorang fotografer profesional. Ajaklah teman kalian yang lowong dengan deal fee yang sesuai.

asisten-bryan-striegler

Asisten akan sangat mendukung gaya pro kalian | Bryan Striegler

Semua gaya di atas hanyalah kebutuhan saat kita ingin terlihat lebih gaya. Beberapa poin membutuhkan effort serius dari dompet pribadi. Beberapa poin juga akan menjadi bahan tertawaan jika ternyata skill fotografi kita ketahuan masih di level pemula.