Terkini

Catat, 14 November Indonesia Disapa Supermoon Terbesar

Penghujung tahun 2016 akan dihiasi oleh fenomena alam. Hal itu karena pada bulan Oktober, November dan Desember 2016 bulan akan berada pada jarak terdekatnya dengan bumi atau yang biasa disebut supermoon.

Dari tiga bulan tersebut, bulan akan terlihat sangat besar dan terang pada 14 November 2016. Hal itu pun merupakan yang terbesar dalam 70 tahun terakhir. Untuk menyaksikan fenomena langka tersebut, kita tak perlu menggunakan teleskop karena supermoon bisa disaksikan dengan mata telanjang.

Seperti dilansir dari Space.com, astronom di Slooh Community Observatory, Bob Breman, mengatakan bahwa bulan purnama itu tak hanya menjadi supermoon yang terdekat dan tercerah selama 2016, tapi juga terbesar sejak 1948.

Sponsored Links

Bulan purnama sendiri dapat terjadi setiap bulan ketika matahari, bumi dan bulan berada dalam garis sejajar. Supermoon sendiri terjadi ketika bulan berada di titik terdekat dengan bumi. Jika ingin menyaksikan pemandangan terbaik dan ingin mengabadikannya, coba hindari perkotaan karena polusi cahaya dapat menghalangi kecerahan bulan entah oleh lampu kota atau awan gelap.

Lembaga antariksa Amerika Serikat, NASA, mengatakan dengan dekatnya jarak tersebut bulan akan terlihat 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih cerah di langit.

Rangkaian fenomena supermoon ini sendiri akan berakhir pada 13 Desember 2016. Meskipun tak sebesar supermoon yang terjadi pada 14 November 2016, namun supermoon terakhir tersebut tetap menjadi obyek yang menarik untuk dilihat.