Gadget

Catat, 5 Smartphone Dengan Radiasi Paling Rendah!

Makin masifnya penggunaan ponsel pintar membuat kita tanpa sadar tak pernah lepas dari barang yang satu ini. Kecanggihan ponsel pintar memang membuat kita sangat dimanjakan dengan segala kemudahannya. Namun ternyata tanpa sadar di balik itu semua, ponsel pintar menyimpan dampak yang cukup berbahaya bagi tubuh, apa saja?

 

WHO pada tahun 2011 pernah mengumumkan radiasi ponsel pintar mungkin saja memberikan efek karsinogenik dan memungkinkan menjadi penyebab kanker. Pasalnya, ponsel pintar memancarkan medan elektromagnetik atau radiasi (EMF/EMR) yang berdampak buruk pada tubuh manusia dalam jangka panjang. Meskipun sebagian penelitian belum menemukan bukti valid untuk memperkuat hal ini dan masih jadi perdebatan.

Lanang Indonesia sendiri akan memberikan daftar 5 ponsel pintar dengan radiasi yang paling rendah, apa saja? Mari disimak!

1. VeryKool RS90 - SAR level: 0,18

2. Samsung Galaxy Note 1 - SAR level: 0,19

3. ZTE Nubia 4 - SAR level: 0,19

4. Samsung Galaxy Note 2 - SAR level: 0,23

5. Samsung Galaxy Mega - SAR level: 0,28

Ponsel-ponsel tersebut telah teruji memiliki tingkat radiasi atau SAR yang rendah. SAR sendiri merupakan singkatan dari Specific Absorption Rate, di mana, istilah ini dipakai untuk menyebut tingkat radiasi yang diserap jaringan tubuh selama menggunakan ponsel. Makin tinggi angka SAR, makin besar juga energi radiofrekuensi yang dipancarkannya. Tinggi rendahnya radiasi ponsel juga ditentukan pada saat mengirim sinyal, semakin keras ponsel bekerja mengirim sinyal, semakin tinggi juga radiasi yang dipancarkan.

Tiap Negara pun punya standar yang berbeda dalam menetapkan standar ambang batas SAR. Di Amerika sendiri batas SAR-nya adalah 1.6 watts per kilogram (1.6 W/kg). Ponsel yang masuk ke Amerika harus memenuhi syarat memiliki angka SAR sama atau di bawah ambang batas yang ditentukan tersebut. Namun untuk Indonesia sendiri belum terlalu ketat untuk urusan SAR, hal itu bisa dilihat dengan tiga dari 20 ponsel dengan radiasi tertinggi yang dilansir Cnet beredar di Indonesia.