Motor-mobil

Cerita di Balik Motor Pabrikan MotoGP (Bagian 2)

KTM

KTM menjadi pabrikan yang paling muda di kelas MotoGP, masuk pada tahun 2017 RC16 mengusung mesin V4 yang diklaim berpower 250 HP pabrikan ini menjadi satu-satunya yang menggunakan trellis frame dan menggunakan shock WP. Frame mereka sendiri justru menjadi masalah di mana para ridernya mengalami kesulitan dalam bermanuver.

Kelincahan motor sangat dibutuhkan saat harus melibas tikungan dalam kecepatan 150 km/jam dan RC16 masih belum memiliki ini. Bisa dilihat dari jalannya balapan kalau RC16 sangat mudah dibalap di tikungan. Tak heran hingga akhir musim 2018 KTM masih menjadi motor yang langganan di papan bawah. Johann Zarco sendiri yang baru bergabung di KTM merasa kesulitan dengan RC16.

Suzuki

Suzuki adalah contoh sukses pabrikan yang come back di MotoGP. Dengan debut bersama GSX-RR di 2015 Suzuki menunjukkan perkembangan yang signifikan dari penghuni papan tengah hingga sekarang menjadi salah satu motor yang kompetitif di ajang premier. Menganut konfigurasi mesin inline-four bertenaga 270 HP Suzuki   membuktikan GSX-RR memiliki power delivery yang sempurna. Motor ini nyaman di tikungan dan kuat di track lurus.

Kesuksesan pengembangan GSX-RR ini bukan tanpa perjuangan bro. Suzuki sudah meramu GSX-RR sejak 2012, jadi wajar jika saat turun balap mesin GSX-RR ini sudah setengah jalan menuju kompetitif. Dengan semakin matangnya Alex Rins, jelas GSX-RR akan menjadi ancaman yang nyata untuk para penguasa papan atas di musim 2019 nanti.

Sponsored Links

Yamaha

YZR-M1 sangat dikenal sebagai motor yang mudah dikendarai. Mesin inline-four bertenaga 240 HP miliknya memang tidak superior di track lurus, namun motor ini adalah rajanya di tikungan. Sayangnya kekuatan sumber daya Yamaha yang tidak sekuat Honda sering membuat motor ini tertinggal dibandingkan rival sejatinya yakni RC213V.

Pada tahun 2018 ini YZR-M1 memiliki masalah dengan elektronik dan menuai banyak komplain dari ridernya tapi posisi Rossi dan Vinales tetap di papan atas pada akhir musim. Hal ini menyatakan bahwa dalam keadaan sulit pun YZR-M1 tetap bisa mengantar penunggangnya ke podium.

Itu dia bro sekilas cerita tentang seperti apa bentuk dari motor-motor purwarupa balap kelas dunia. Jauh lebih mendetail motor-motor ini memiliki spesifikasi part yang tidak dijual bebas dengan harga yang menakutkan. Untuk salah satu contoh saja, shock depan Ohlins yang digunakan di MotoGP berharga 1,4 miliar bro. Mau ngomong apa kita?