Motor-mobil

Clarity, Si Mewah dengan Bahan Bakar Hidrogen

Honda akhirnya mulai unjuk gigi di GIIAS 2016 kali ini. Hal itu ditunjukkan dengan keputusan pabrikan Jepang ini memamerkan mobil berbahan bakar hidrogen fuel cell mereka yang baru , yakni Honda Clarity. Menariknya lagi, GIIAS 2016 menjadi tempat pertama Clarity dilihat publik langsung untuk kawasan Asia dan Oseania.

Hidrogen yang sudah menjadi arah perkembangan masa depan otomotif dunia juga turut menginspirasi Honda menghadapi masalah pemanasan global. K onsep ramah lingkungan yang juga digalakkan selama GIIAS 2016 melalui tema “Green technology for a better future” membuat kemunculan Clarity di pameran ini sangat berkesan.

Dengan teknologi fu el cell hidrogen yang ada di dalam Clarity membuat mobil ini benar-benar hanya menyisakan uap air. Bayangkan semua kendaraan di jalan raya yang tak menghasilkan gas CO2. Masih jauh memang, tapi setidaknya teknologi dunia perlahan menuju ke sana.

Clarity juga membawa berbagai terobosan mutakhir dalam urusan desain dan teknologi. Salah satunya adalah rancangan “Under-the- hood Powertrain” yang merupakan pertama kalinya di dunia di mana sel pembangkit listrik atau fuel cell stack berukuran mini ditempatkan di bawah kap mesin sehingga menjadikan mobil ini memiliki kabin yang paling lapang di antara kompetitornya.

Konsep desain eksterior pada Honda Clarity adalah elegan. Desainnya ini menunjukkan kastanya yang sangat siap diadu dengan produk-produk premium dari merek lain. Agak sedikit ada kemiripan dengan Honda Accord terbaru, namun jelas berbeda ketika kita bandingkan penggunaan lampu utama LED pada Clarity.

Desain buritan yang juga terbilang tinggi untuk ukuran sedan, membuat Clarity mirip seperti MPV jika dilihat dari belakang. Dari samping kesan futuristik dilakukan Honda dengan agak menutup ban belakang dengan bodi, sebuah langkah khas yang dilakukan sebuah pabrikan untuk mendapatkan kesan modern.

Masuk ke bagian dalam mobil, interior Clarity terasa cukup lega dengan penggunaan material premium. Sangat pas dengan konsep “Advanced Modern Lounge” yang diusungnya untuk bagian kabin.

Untuk urusan dapur pacunya sendiri, Honda Clarity bisa menginjak angka 300 Nano meter pada rotasi 0-3.500 rpm. Dengan tenaga Hidrogen sebesar 70 Mpa, membuat mobil ini mampu melahap jarak hingga 750 km untuk sekali isi daya . Wah, Jakarta ke Surabaya hanya sekali isi daya? Inilah masa depan bro!