Motor-mobil

Conrod Titanium di Kawasaki Ninja ZX-10R 2019

Lupakan sejenak geliat pasar sport 150 dan skutik maxi dalam negeri. Dalam sunyi Kawasaki Eropa resmi meluncurkan versi update dari Ninja ZX-10R mereka untuk tahun 2019 mendatang bro. Dan yang paling menarik perhatian adalah fitur connecting rod (conrod) berbahan titanium yang tersemat pada jeroannya. Apa fungsinya?

Klaim pabrikan mengaku jika pemilihan conrod titanium ini sukses mengail muntahan tenaga sang kuda besi menjadi 3 HP lebih besar daripada versi sebelumnya. Buat kalian yang masih bingung conrod itu yang mana, kita kasih bahasa bengkelnya ya.

Conrod itu adalah batang piston, masih belum tahu juga yang mana? Oke bro, kang bengkel biasanya menyebut mereka dengan sebutan setang seher. Nah sudah terbayang kan yang mana conrod itu.

kawak1

Bayangkan bro, motor kalian memiliki conrod titanium di mana pada ZX-10R ini sendiri mampu menurunkan bobot hingga 102 gram dibandingkan dengan material besi konvensional sebelumnya. Jadi tidak salah kalau akhirnya menghasilkan lonjakan tenaga yang siginifikan menjadi 203 PS dibandingkan versi lawas yang hanya ada di 200 PS.

Selain itu hadirnya electronic suspension membuat varian ZX-10R ini menjadi salah satu motor yang memang sangat pantas memegang tampuk juara di ajang WSBK. Handling lebih mantap serta ekstra bonus Dual Direction Quickshifter membuat kalian benar-benar serasa di atas mesin balap.

kawak2

Quick shifter ini sendiri merupakan teknologi yang biasanya tersemat di motor-motor yang bisa plek langsung turun sirkuit. Sebuah teknologi yang memungkinkan kita melakukan perpindahan gigi tanpa perlu menarik tuas kopling saat berakselerasi.

Sponsored Links