Terkini

Coworkfest 2017, Pesta Gerakan Coworking Space Di Indonesia

Pernah mendengar Coworking space? Jika belum kita akan bahas di sini. Kebetulan akhir pekan ini tanggal 25-26 November 2017, akan diadakan Coworkfest 2017, di Taman Menteng, Jakarta. Istilah co-working space sendiri merupakan istilah yang sangat umum digunakan ketika berbicara mengenai tempat bekerja bagi para pelaku startup.

Secara harfiah, co-working space merupakan sebuah ruang bersama yang digunakan untuk melakukan pekerjaan. Namun secara definisi, istilah ini mempunyai arti yang lebih luas lagi. Cara ini juga merupakan sarana berkumpul dengan orang-orang yang masih bekerja secara independen, namun memiliki tujuan yang sama.

Co-working space menawarkan solusi untuk masalah terisolasi yang banyak ditemui oleh para pekerja lepas atau freelance ketika bekerja dari rumah, juga agar mereka bisa terlepas dari distraksi ketika di rumah.

Dalam sebuah konferensi pers di Ke:kini Ruang Bersama, yang juga sebuah Working Space di kawasan Cikini, Jakarta, Rabu (22/11/2017). Asosiasi Coworking Indonesia dan Bank BRI berkolaborasi untuk menggelar Coworkfest 2017. Acara ini dibuat agar gerakan coworking space semakin dikenal luas dan bisa menjangkau seluruh pekerja kreatif dan profesional muda lainnya yang membutuhkan tempat untuk bekerja dengan nuansa yang dinamis.

working-space2

Salah satu Working Space yang ada di Indonesia | Dok. Coworking Space Indonesia

Nanti Coworkfest 2017 akan diisi oleh rangkaian acara seperti memperlihatkan apa dan bagaimana coworking space bekerja. Acara ini juga akan diisi dengan aneka workshop, panel diskusi, talkshow, musik dan banyak aktivitas lainnya.

Tradisi Coworking space sendiri lahir dari kekhawatiran akan perjalanan menuju kantor yang telah lebih dulu menguras energi sebelum bekerja. Selain itu, banyak profesional muda, pekerja kreatif dan pelaku bisnis start up yang membutuhkan sebuah tempat bekerja dengan suasana yang mendukung.

Tak lama, ide working space pun lahir. Di tempat ini bukan hanya soal tempat yang bisa dijadikan kantor bersama dari perusahaan atau orang dengan keperluan yang berbeda. Tapi working space juga bisa menjadi tempat untuk membangun sebuah relasi dan bisnis baru antar pekerja yang menggunakan coworking space. Ini jelas membawa sebuah aura positif baru untuk dinamika pekerja kreatif dan sebagainya yang memerlukan lingkungan yang serba terbuka dan dinamis, tanpa sekat.

Di Indonesia sendiri working space telah ada di 11 kota, seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bandung, Medan, Yogya, Semarang, Malang, Surabaya dan Bali. Kalau sobat lanang penasaran dengan working space ini, ada baiknya untuk tak melewatkan acaranya. Selamat berkunjung guys!