Olahraga

Crash Terburuk MotoGP Musim 2018

Kita tidak akan tahu seperti apa kedepannya tapi balapan di Jerez, Spanyol Minggu (6/5/2018) menyisakan sebuah kecelakaan beruntun yang menegangkan antara Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa dan Andrea Dovizioso. Setelah berjalan empat seri, mungkin ini bisa menjadi salah satu crash terburuk tahun ini.

Di kandang sendiri Marc Marquez kembali menunjukkan kelasnya sebagai pembalap dengan mental juara. Bagaimana tidak, walaupun start dari posisi kedua, tapi Marquez sempat kedodoran di awal-awal balapan namun pada lap ke-8 doi mampu memimpin balapan hingga akhir.

Pertarungan sengit justru terjadi di belakang Marquez di mana Lorenzo yang sempat memimpin balapan di awal-awal akhirnya harus bertarung dengan Dovi dan Pedrosa.

Dovi yang masih memimpin klasmen tentunya tidak ingin tertinggal poin jauh dengan Marquez, terlihatlah semangatnya untuk mendapatkan setidaknya posisi di Spanyol ini. Sayangnya dengan spesifikasi motor yang sama, Lorenzo tampak cukup sulit untuk dibalap. Ditambah keagresifan Lorenzo juga membuat Dovi lumayan pusing untuk menyalipnya.

podium

Podium Jerez | MotoGP

Di posisi ke-4 Pedrosa tampak lebih tenang memerhatikan duo Ducati di depannya sambil menunggu momen yang bagus untuk maju.

Petaka akhirnya terjadi di lap 18, dimulai dari gerakan Dovi yang menyelip Lorenzo dari bagian dalam dan membuatnya melebar. Pedrosa yang melihat kesempatan ini akhirnya mencoba masuk dengan kecepatan Honda yang terlihat lebih baik dari Ducati di tikungan. Sayangnya Pedrosa terlambat menyadari jika Lorenzo juga melambat dan berusaha kembali masuk ke racing line.

Terjadilah senggolan antara Pedrosa dan Lorenzo yang langsung membuat Pedrosa terpental karena high side. Lorenzo yang terdorong Pedrosa pun kembali melebar tanpa sadar di belakangnya ada Dovi yang juga ingin kembali ke racing line, hanya sepersekian milidetik ban belakang Lorenzo pun menyenggol ban depan Dovi. Selesai sudah balapan untuk tiga musuh terberat Marquez ini.

Dengan tumbangnya tiga pembalap ini tentunya menjadi momen istimewa bagi Johann Zarco yang tadi ada di posisi 5 dan Andrea Iannone di posisi 6. Mereka berdua otomatis masuk podium.

Tercatat Cal Crutchlow, Alex Rins dan Tom Luthi juga tidak melanjutkan balapan karena crash di Jerez ini. Sedangkan Aleix Espargaro mengalami kesalahan mekanikal di mana motornya mati pada lap pertama.

Berikut hasil balapan Jerez bro:

 klasmen

Sponsored Links